Danu Ovin Prabowo: BELAJAR TATA KRAMA ITU PENTING

779

Metro Padang.com – Zaman reformasi ini, seiring dengan perkembangan tehnologi yang semakin canggih, berdampak besar terhadap perkembangan jiwa generasi penerus bangsa. Dengan adanya gadget yang mempermudah hidup manusia jaman milenial kini, sering disalahgunakan oleh pribadi yang tidak mengerti tentang arti/fungsi alat tersebut. Seiring dengan itu, kebiasaan-kebiasaan layaknya etika sopan santun dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari kemungkinan sudah mulai diabaikan.

Satgas Pamtas Yonif R 408/Sbh yang bertugas di sepanjang perbatasan darat RI dengan RDTL, di samping memiliki tugas pokok sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan perbatasan dari gangguan maupun kegiatan yang dapat merugikan negara, juga memiliki tugas tambahan untuk turut serta membantu pemerintah setempat dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sekitarnya. Hal tersebut juga merupakan tanggung jawab Pos Lakmaras sebagai bagian atau ujung tombak terdepan Satgas Pamtas Yonif R 408/Sbh. Melihat kondisi mental dan spiritual generasi muda penerus bangsa saat ini yang sedikit demi sedikit sudah mulai tergerus oleh perkembangan jaman, Pos Lakmaras melaksanakan kegiatan menanamkan etika sopan santun dan tata karma bagi murid kelas 3 di SDK Henes Dusun Geleba Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu.

Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Lakmaras pada hari Jumat, 8 Februari 2019 ini. Praka Wahyu Indra yang memiliki tekad untuk menanamkan etika sopan santun dan tata krama terhadap murid-murid SDK Henes kelas 3 di mana yang bersangkutan membantu memberikan pelajaran setiap hari Jumatnya. Bersama rekannya, Pratu Wildan Prabowo,mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting diajarkan dan ditanamkan kepada generasi penerus bangsa usia muda yang masih dalam tahap mencari pedoman hidup, sehingga etika bangsa kita tidak luntur. Anggota Pos Lakmaras itu memberikan pelajaran yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-harinya. Berdoa pada saat sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan dan menghormati orang yang lebih tua terutama orang tua/guru kitadengan bersalam serta mencium tangan mereka adalah contoh-contoh hal kecil yang diajarkannya.

Dia berharap, semoga apa yang diberikannya kepada murid-murid Sekolah Dasar khususnya dapat dilakukan secara rutin dan dikembangkan di lingkungan masyarakat luas pada umumnya, sehingga diharapkan budaya baik yang telah diajarkan oleh leluhur/nenek moyang kita sejak dahulu dapat terjaga dan tetap dipedomani dalam kehidupan sehari-harinya

BAGIKAN

LEAVE A REPLY