Bupati Pasaman Berikan  Mesin Pertanian pada Kelompok Tani

5693

Metro Padang.com – Bupati Pasaman Yusuf Lubis berikan mesin pertanian kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Pasaman, Senin (4/2) di halaman kantor Bupati setempat.

Bantuan alat dan mesin pertanian merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Setiap tahun, Kementerian Pertanian melalui APBN mengalokasikan pengadaan alat dan mesin pertanian baik alsintan prapanen maupun alsintan.

Penyerahan mesin pertanian Bupati Pasaman didampingi Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama bersama kabinetnya saat pelaksaan apel gabungan ASN Pemkab Pasaman.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis memberikan selamat kepada kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan alat dan mesin traktor pertanian.

“Semoga dengan bantuan tersebut, warga dan masyarakat kelompok tani dapat lebih terbantu untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Sebelum penyerahan, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mendemokan alat, atau traktor tersebut dihadapan para peserta apel pagi itu.

Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian, Rohuli Latif mengatakan tahun 2018 pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian telah mengalokasikan sebanyak 54 unit traktor roda duadan , 44 unit pompa air, dan total 440 Hand Sprayer kepada Kabupaten Pasaman.

Selain itu, melalui kegiatan brigade Alsintan, Kementerian Pertanian telah menghibahkan 5 unit traktor roda, 7 unit traktor roda dua, dan empat unit pompa air.

Kemudian, pada akhir tahun 2018 Dinas Pertanian Pasaman kembali mendapat alokasi berupa tiga unit traktor roda empat dan satu unit Combine Harvester (mesin) panen.
Combine Harvester adalah mesin panen yang mengkombinasikan 3 proses panen yaitp Pemanenan, perontokan, pemisahan. Traktor roda empat terdiri dari dua unit Merk New Hollad dan satu unit merk LS.

Penerima bantuan alat Alsintan Traktor roda empat adalah kelompok Tani Nuansa Tani Alamat Purba Nauli .Jorong Purba Nauli Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan, Kelompok Tani Bersama di Rambahan Baru Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan.
Kemudian, kelompok tani Pasonang Roha Nagari Bahagia Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur. Sedangkan penerima bantuan Combine Harvester adalah Kelompok Tani Gaya Baru Nagari Bahagia Padang Gelugur.

Tujuan pemberian bantuan ini oleh Kementerian Pertanian adalah untuk meningkatkan indek pertanaman pertanian di Kabupaten Pasaman secara umum, Kelompok Tani masing-masing secara khusus dan petani disekitarnya.

Pemilihan dan penunjukan Kelompok Tani tersebut sebagai penerima bantuan alat dan mesin berupa traktor itu melalui proses Calon Petani Calon Kelompok (CPCK) yang telah memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ketentuan sebuah lembaga Kelompok Tani yang sah menurut peraturan dan aturannya. (02)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY