Bupati Pasaman : Agar Kepala OPD Serius dalam Pencapaian Kinerja

879

Metro Padang.com  – Bupati Pasaman Yusuf Lubis meminta seluruh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta jajaran untuk serius dan fokus meningkatkan capaian kinerja, sehingga masyarakat sejahtera, agamis dan berbudaya dapat segera terwujud.

Yusuf Lubis menyampaikan saat membuka sosialisasi hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (EKPPD) Kabupaten Pasaman berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD), di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuk Sikaping, Kamis.

“Ada indikasi penurunan peringkat kinerja Pemda Kabupaten Pasaman, baik di tingkat Provinsi Sumatera Barat maupun nasional ditahun ini, dan itu membuat saya kecewa,” ungkap Bupati Yusuf Lubis.

Padahal, kata dia, kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman selama tahun 2011-2017 masuk dalam kategori sangat tinggi. Tapi, pada tahun ini, predikat itu tampaknya sulit untuk digapai.

“Disaat kabupaten/kota lainnya berlomba-lomba meningkatkan capaian kinerjanya, kita di Pasaman malah sebaliknya. Para Kepala OPD kita banyak tidurnya daripada kerjanya,” kata Bupati.

Ia mengatakan, para Kepala OPD tersebut sudah merasa puas dengan capaian kinerja sekarang. Sehingga untuk meningkatkan capaian kinerja tidak perlu lagi. Padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan.

Untuk itu, Bupati Yusuf Lubis meminta seluruh OPD melakukan evaluasi terhadap capaian kinerjanya. Selain itu, OPD juga dia minta untuk menyusun strategi bagaimana caranya meningkatkan kinerjanya pada tahun 2018-2019 nanti.

“OPD, segeralah lakukan evaluasi. Seluruh OPD harus tahu kekurangan dan kelemahannya masing-masing. OPD, jangan saling lempar tangan,” tukasnya.

Dikatakan Bupati, bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan akumulasi dari penilaian kinerja urusan pemerintahan, secara teknis dilakukan oleh organisasi perangkat daerah daerah (OPD) terkait.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh OPD agar berkomitmen dalam meningkatkan capaian kinerjanya. Bekerjasamalah dengan baik, dengan tim penyusun LPPD,” ucapnya.

EKPPD dan LPPD, kata Bupati, merupakan suatu proses pengumpulan dan analisis data secara sistematis terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja.

“EKPPD, dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kinerja berdasarkan prinsip tata pemerintahan yang baik,” ujar Yusuf Lubis.

Capaian kinerja kategori sangat tinggi yang pernah diraih Pemkab Pasaman, membuat daerah itu pernah dianugerahi penghargaan Parasamya Purna Karya Nugaraha oleh pemerintah pusat pada 2016.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden yang diberikan kepada pemerintah daerah. Penghargaan ini diberikan atas dasar keberhasilan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di daerah.(02)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY