Bupati Dharmasraya, Kepala OPD Segera Lakukan Percepatan Penggunaan APBD

444
PadangTIME – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, mengingatkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melakukan percepatan serapan dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) daerah itu.
Hal itu ia ungkapkan saat memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (14/7).
“Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo sangat serius memantau kinerja terkait penyerapan anggaran dan selalu melakukan pengecekan setiap hari, untuk itu keseriusan beliau perlu disikapi dengan baik, ” sebutnya.
Ia mengatakan, capaian realisasi fisik dan keuangan selalu menjadi catatan oleh Presiden Joko Widodo setiap pertemuan yang ia hadiri di sejumlah Kementerian khususnya terkait realisasi anggaran.
Untuk itu, lanjutnya, ia meminta seluruh pimpinan OPD agar dapat bekerja lebih maksimal untuk mencapai target realisasi fisik dan keuangan sesuai perencanaan awal, khususnya bagi perangkat daerah yang dipercaya mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi.
“Berdasarkan sajian data yang saya terima, sampai saat ini realisasi fisik baru mencapai 37 persen dari target 61 persen dan realisasi keuangan baru mencapai angka 32 persen, kondisi ini perlu ditindaklanjuti bersama sehingga seluruh kegiatan bisa terlaksana dan manfaatnya bisa segera dinikmati oleh masyarakat luas, ” ungkapnya.
Pada kesempatan itu, Sutan Riska juga menekankan perihal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang masih harus digencarkan untuk dapat mencapai kondisi kekebalan komunitas di Kabupaten Dharmasraya.
“Mohon kerjasama kita semua agar target vaksinasi ini tercapai, sampaikan ke masyarakat dan ajak semua sanak saudara untuk divaksin. Kalau kita mau segera bebas dari COVID-19 semua harus mendapatkan vaksinasi sesuai dosis yang ditentukan mulai dari anak berusia 12 tahun, remaja hingga kelompok lanjut usia, ” tutupnya.
Rapat Koordinasi Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, didampingi Wakil Bupati Dharmasraya Dasril Panin Datuk Labuan, Sekretaris Daerah setempat, Adlisman dan diikuti oleh Kepala OPD, para Camat dan Kepala Bagian di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya tujuan belanja tercapai secara akuntabel, efektif dan efisien dalam pengawasan anggaran. Menurut Jokowi yang diinginkan dan dilihat rakyat adalah hasil dari sebuah kebijakan, bukan hanya prosedur pelaksanaannya saja.  ( mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY