Bupati Dharmasraya Dukung Penuh Penerapan New Normal

301
MetroPadang.com-Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyatakan kesiapan Kabupaten Dharmasraya memasuki Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) atau New Normal yang dimulai Senin (8/6/20) besok.
“Kita mendukung penuh penerapan new normal yang telah ditetapkan oleh pemerintah Pusat dan Provinsi Sumbar. Bahkan Kabupaten Dharmasraya telah lebih awal menerapkan kriteria berstandar WHO,” tegas Bupati Sutan Riska.
Dijelaskan Bupati Sutan Riska, Pemkab Dharmaaraya telah mulai menerapkan protokol keaehatan standar WHao, mulai dari mendeteksi sistem kesehatan dengan cara menguji, mengisolasi, serta menangani setiap kasus dan melacak setiap kontak.
“Adapun Sekolah, tempat kerja dan ruang publik lainnya telah menetapkan langkah pencegahan, menyangkut tinggi resiko pemindahan,” pungkasnya.
Menurut Bupati Sutan Riska, Kabupaten Dharmasraya mendukung penerapan sesuai dengan rapat kerja dilaksanakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, bersama seluruh kepala daerah Se-Sumbar melalui Vidio Conference (Vidcon) yang juga diikuti Sekretaris Daerah H Adlisman, Kapolres dan Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Minggu (7/6/20).
Dari 19 kabupaten/kota berada di Sumbar hanya Kota Padang yang menjalani masa transisi hingga 12 Juni mendatang dan Kabupaten Mentawai hingga 20 Juni 2020.
Saat vivon, Gubernur Irwan Prayitno, didampingi Wagub Nasrul Abit, serta Forkopimda Sumbar dan Pimpinan Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND dr Andani Eka Putra. Dalam kesempatan itu, Irwan Prayitno menjelaskan bahwa kriteria penerapan new normal dikeluarkan organisasi kesehatan dunia (WHO) terdapat tiga persyaratan mesti dipersiapkan untuk memasuki TNBPAC.
Pertama sekali kesiapan dari kajian epidemologi. Dalam data telah tergambar tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19.Meski demikian, langkah kongkrit pencegahan, tetap dilakukan melalui kebijakan perpanjangan status tanggap darurat termasuk mempertahankan pemeriksaan pada pos perbatasan, baik darat, laut maupun udara hingga 28 Juni 2020.
Selanjutnya, bagi orang datang, akan dilaksanakan swab tes secara gratis. Mereka menjalani isolasi, hingga hasil negatif keluar. Adapun penerapan ini, pihak Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pusat, serta aparatur TNI dan POLRI akan mendukung penuh penerapan TNBPAC. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY