Bupati Bersama Kapolda Hadiri Gebyar Vaksin Di Mapolsek Lunang Silaut

951
Metro Padang – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat,  Irjen Pol.Teddy Minahasa Putra menghadiri Gebyar Vaksin massal dan bhakti sosial Polres Pesisir Selatan di Mapolsek Lunang Silaut, Senin (18/10). Vaksinasi massal tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat utama Mapolda Sumatera Barat, Kapolres, AKBP Sri Wibowo, SIK dan Kepala Kejaksaan, Donna Rumiris Sitorus.
Dalam kesempatan itu, bupati memaparkan langkah-langkah percepatan pencapaian target vaksinasi di Pesisir Selatan. Diantaranya, bupati menginstruksikan kepada camat agar melaksanakan pelayanan vaksinasi setiap hari di nagari. Pelaksanaan vaksinasi setiap hari harus sudah dimulai 21 Oktober 2021. ” Agar vaksinasi terlaksana dengan baik, maka camat, Forkopimca dan walinagari harus segera membuat jadwal secara terukur,” kata bupati.
Lebih lanjut disampaikan, pelayanan vaksinasi  setiap nagari harus dilakukan dua kali sehari yatu pagi dan siang.  Guna melayani pelaksanaan vaksinasi pihak Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, membentuk 49 tim, yang terdapat di Puskesmas, Dinas Kesehatan dan rumah sakit.
Selanjutnya, bupati menjelaskan, selain vaksinasi di nagari, masyarakat juga bisa melaksanakan vaksinasi di Puskesmas masing-masing kecamatan.  ” Puskesmas wajib melakukan pelayanan vaksinasi setiap hari, selain pelaksanaan vaksinasi di nagari,” terang bupati.
Dalam kesempatan, bupati meminta  camat bersama Forkopimca, berperan dalam  menggerakkan massa sesuai jadwal di masing-masing nagari. Guna mensukseskan pelaksanaan vaksinasi, kata bupati, Dinas Kesehatan harus memastikan ketersediaan vaksin di masing-masing kecamatan. ” Jangan sampai jadwal vaksinasi tidak bisa dilaksanakan gara gara minimnya vaksin di kecamatan,” tegasnya.
Selain itu, bupati juga menegaskan, kepala perangkat daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berpartisipasi aktif dalam mensukseskan vaksinasi. ” Seluruh kepala perangkat daerah harus pastikan seluruh ASN dan honorer sudah divaksin. Jika belum segera dilakukan vaksinasi,” katanya.
Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, mengajak semua pihak bersatu padu mensukseskan vaksinasi. ” Mari kita bersama-sama menyatukan konsep bahwa vaksin benar-benar dibutuhkan untuk mencegah penyebaran Covid 19,” katanya.
Menurut Kapolda Teddy, saat ini tidak perlu lagi ada perbedaan pandangan tentang manfaat vaksinasi, tapi harus diyakini bahwa vaksin merupakan kebutuhan dan perlu untuk melawan Covid 19. Ditambahkannya,  guna mensukseskan vaksinasi ada dua hal yang perlu menjadi perhatian yaitu pengerahan massa dan manajemen tim.  (mp)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY