Bupati Agam Resmikan Kawasan Agrowisata Sariak

569
Metro Padang – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, resmikan pemakaian Surau Al-Liqo’ dan kawasan agrowisata Sariak, di Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Senin (2/8).
Peresmian ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, disaksikan anggota DPRD Agam, Camat Sungai Pua, Wali Nagari Sariak, tokoh masyarakat, dan lainnya.
Wali Nagari Sariak, Fithrianos mengatakan, Nagari Sariak adalah nagari yang memiliki banyak potensi, baik di bidang pertanian maupun wisata.
“Nagari Sariak adalah nagari pemasok sayur mayur terbesar di Sumbar, untuk memenuhi kebutuhan beberapa daerah dan provinsi di Sumatera,” ujarnya.
Dikatakan, karena berada di kaki Gunung Marapi, Nagari Sariak memiliki tanah yang subur. Oleh sebab itu, masyarakat memanfaatkannya untuk dijadikan kawasan agrowisata.
“Kawasan yang dijadikan sebagai agrowisata lebih kurang seluas 96 hektar. Dimana dalam 96 hektar tersebut, juga terdapat beberapa potensi yang bisa dijadikan sebagai objek wisata,” ujarnya.
Dijelaskan, diantaranya wisata religi, yaitu masjid tertua, dan peninggalan situs sejarah seperti, lasuang 12, cancang lauk 16, lasuang gadang, rumah panjang, dan lain sebagainya.
“Dengan segala upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam memajukan Nagari Sariak, Alhamdulillah salah seorang tokoh masyarakat, bersedia membangun sebuah rumah ibadah yang bernama Surau Al-Liqo’,” jelasnya.
Fithrianos mengucapkan terimakasih kepada Angku Dt Rangkayo Basa, karena telah menjadi donatur dalam pembangunan Surau Al-Liqo’.
Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Nagari Sariak, yang telah berkerja sama dalam memajukan Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Sariak.
“Karena hal tersebut sejalan dengan salah satu program Kabupaten Agam, yaitu mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah,” ujarnya.

Andri Warman berharap, dengan adanya kawasan agrowisata ini, semoga kedepannya kawasan ini bisa dikelola dengan baik, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di Nagari Sariak.

“Ditambah,di kawasan ini juga sudah dibangun Surau Al-Liqo’, sehingga masyarakat dan wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat ibadah,” jelasnya.

(mp/hry)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY