Bunda Henny Riza Falepi Imbau Warga Pantau IPM Anak Usia Dini

918

Metro Padang.com – Payakumbuh,  Untuk meningkatkan kreatifitas Anak Usia Dini di Kota Payakumbuh, Dinas Pendidikan mengadakan acara Gebyar PAUD di Medan nan Bapaneh, Ngalau Indah Payakumbuh. Acara berlangsung Selasa (19/3/2019).

Acara dibuka oleh Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Bunda Henny Yusnita Riza Falepi. Pembukaan ditandai dengan pelepas balon dihadapan ratusan peserta yang hadir.

Dalam sambutan, Bunda Henny mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang menjadi agenda tahunan itu. Dikatakan, Gebyar PAUD sangat berguna untuk mempelajari perkembangan anak usia dini.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tidak hanya diukur dari segi ekonomi saja tetapi juga dari segitu kesehatan dan tak kalah penting dari segi pendidikan, ujar Bunda Henny.

Ditambahkan, “Oleh karena itu, di setiap kecamatan dan kelurahan harus ada PAUD. Gurunya juga disyaratkan harus sarjana. Kami meminta orang tua agar memberi pendidikan anaknya melalui PAUD dulu,” katanya.

Bunda Henny juga mengingatkan orang tua agar menyadari pentingnya pendidikan anak pada usia dini. Dijelaskan, usia PAUD adalah fase penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak.

“Karena di usia dini anak bisa cepat mengingat apa yang kita sampaikan. Hal itu secara tidak langsung membentuk karakter dan kepribadian anak. Usia dini juga mendorong terbentuknya jiwa sportivitas pada anak-anak,” sambung Henny.

Sementara, Kadis Pendidikan melalui Kabid PAUDNI, Irwanto menyampaikan beberapa tujuan diadakan gebyar PAUD tahun 2019.

“Kita ingin meningkatkan motivasi bermain dan belajar bagi anak-anak usia dini. Kemudian, kembangkan bakat dan kreativitas mereka. Kita juga ingin meningkatkan motivasi tenaga pendidik dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka,” ujar Irwanto.

Acara Gebyar PAUD diikuti kurang lebih 250 anak dari seluruh PAUD yang ada di Kota Payakumbuh. Acara dimeriahkan dengan senam bersama dan diisi berbagai lomba yaitu lomba mewarnai, lomba melengkapi dan menempel pola, serta berbagai lomba lainnya. (rel)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY