BMKG Pasang Media Diseminasi Informasi Gempabumi di Kantor SAR Mentawai

449
Metro Padang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang Media Diseminasi Informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami berupa Smart Display Warning Receiver System New Generion (WRS New Gen) di Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas B Mentawai, Kamis (02/09/2021).
Serah terima alat ini dilaksanakan di Kantor SAR Mentawai Jalan Raya Tua Pejat KM 9. Peralatan ini diserah terimakan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si melalui Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Bapak Irwan Slamet, ST. M.Si kepada Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal S.Sos. Serah terima juga disaksikan oleh Kasubag Umum SAR Mentawai beserta pegawai.
Pada kesempatan serah terima alat ini, dilakukan Commisioning Test ( Uji Aktivasi Alat) dan Sosialiasasi Bahaya Gempa bumi dan Upaya Mitigasi untuk Seluruh Pegawai SAR Mentawai yang disampaikan oleh Syamsir Okraindi (Staff Analisa Gempabumi ) Stasiun Geofisika Padang Panjang.
Syamsir menjelaskan alat WRS New Gen ini merupakan media diseminasi informasi gempabumi dan tsunami. Dimana WRS New Gen ini merupakan percepatan informasi gempabumi dan tsunami secara real time dan merupakan terobosan baru dari BMKG.
“Alat ini menyajikan informasi dalam waktu yang cepat setelah terjadi gempabumi,” ujar Syamsir.
Alat ini akan memudahkan respon cepat untuk memberikan informasi dini kepada stakeholder untuk dapat mengambil langkah penting selanjutnya, terangnya.
Di ketahui, BMKG di Sumatera Barat sejak tahun 2019 hingga 2020 secara berkala sudah memasang Seismograph Broadband dan Miniregional di 16 Lokasi tersebar di Seluruh Sumatera Barat, bahkan tahun 2021 dilakukan penambahan pemasangan di lima lokasi, tiga diantaranya di Kabupaten Kepulauan Mentawai (Siberut Barat Daya, Pagai Selatan, dan Siberut Utara).
Selain Seismograph pada tahun 2021 ini di Sumatera Barat juga akan dipasang sebanyak empat unit WRS New Gen yaitu di Kantor SAR Mentawai, SAR Padang, Pelindo Teluk Bayur dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman. Sebelumnya di tahun 2020 sudah terpasang 15 Unit di Sumatera Barat.
“Kita berharap dengan Pemasangan WRS New Gen di SAR Mentawai dan 18 lokasi lainnya di Sumatera Barat ini, Informasi Gempabumi dan Peringatan dini Potensi Tsunami bisa cepat sampai di Masyarakat.
Tentunya respon masyarakat lebih utama diharapkan, ini sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi gempabumi berpotensi tsunami, jelas Syamsir.
Pada kesempatan, Akmal Selaku Kepala Kantor SAR Mentawai mengucapkan terimakasih kepada BMKG telah memasang WRS New Gen di Kantor SAR Mentawai, yang mana nantinya sangat mendukung Tupoksi SAR dalam Penyelamatan masyarakat dari Potensi Kebencanaan termasuk gempabumi dan potensi tsunami. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY