BERSAMA DINAS KESEHATAN KABUPATEN BELU, PRAJURIT TNI SIAP MENSUKSESKAN PROGRAM STBM

985

Metro Padang.com – Satgas pamtas RI-RDTL sektor timur yonif raider 408/SBH pos Kewar bersama dinas kesehatan kabupaten Belu dan masyarakat desa fulur siap menjalankan dan mensukseskan program STBM di desa fulur kecamatan Lamaknen kabupaten Belu, (16/03/2019).

Sanitasi total berbasis masyarakat atau yang sering disebut STBM merupakan program dari dinas kesehatan untuk masyarakat pedesaan yang ada di kabupaten Belu. Program tersebut juga akan di laksanakan di desa fulur kecamatan Lamaknen yang merupakan salah satu desa binaan satgas pamtas pos Kewar.

Dari program STBM yang akan di laksanakan di desa fulur meliputi 5 pilar yaitu :
1. Stop buang air besar sembarangan.
2. Setiap habis melaksanakan aktifitas cuci tangan menggunakan sabun, terutama saat selesai buang air besar dan saat mau makan.
3. Pengamanan makanan, atau penutupan makanan.
4. Membuat tempat sampah, dan buang sampah pada tempat nya.
5. Pembuatan saluran pembuangan air limbah,
Contoh nya air dari kamar mandi atau air dari tempat mencuci.

Dari 5 program STBM untuk masyarakat tersebut, anggota satgas pamtas RI-RDTL yang ada di pos Kewar khususnya selalu siap untuk membantu dan mensukseskan program tersebut. Mulai dari mensosialisasikan kepada masyarakat, membantu masyarakat untuk membuat tempat sampah dan WC pun akan di lakukan prajurit TNI, hal tersebut di sampaikan oleh komandan pos Kewar Sertu Bambang Sulistyono.

Diharapkan dengan adanya program dari dinas kesehatan kabupaten Belu tersebut bersama anggota satgas yang siap membantu, dapat menciptakan masyarakat desa fulur untuk hidup lebih sehat lagi.

LEAVE A REPLY