MetroPadang.com-Perusahaan antivirus Avast bersama Apklab.io, menemukan 47 game yang memiliki program jahat di toko aplikasi Google Play Store. Program jahat tersebut berupa adware.
Adware yang ditemukan bekerja layaknya Trojan, yang menyamar sebagai aplikasi game yang nampak meyakinkan. Alih-alih mengunduh game, pengguna justru mengunduh program jahat yang bisa menampilkan iklan di ponsel secara terus-menerus.
Dari 47 game yang didentifikasi, 17 game disebut masih beredar bebas dan dapat diunduh di Google Play Store. Ironisnya, terdapat beberapa game yang masuk kategori populer di Play Store, dan telah diunduh oleh lebih dari 15 juta pengguna.
Menurut analis Avast, Jakub Vavra, sangat sulit untuk mendeteksi jenis adware ini, karena cara kerjanya yang rumit.
“Program seperti HiddenAds dapat menyusup di Play Store secara diam-diam, dengan mengaburkan tujuan asli mereka, atau menghadirkan elemen berbahaya secara perlahan setelah aplikasi diunduh oleh pengguna,” tutur Jakub.
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pihak Avast turut menyarankan pengguna agar tidak mengunduh game berbahaya tersebut.
berikut ini adalah 17 game berbahaya yang masih beredar pada toko aplikasi Google Play Store:
– Draw Color by Number
– Skate Board – New
– Find Hidden Differences
– Shoot Master
– Stacking Guys
– Disc Go!
– Spot Hidden Differences
– Dancing Run – Color Ball Run
– Find 5 Differences
– Joy Woodworker
– Throw Master
– Throw into Space
– Divide it – Cut & Slice Game
– Tony Shoot – NEW
– Assassin Legend
– Flip King
– Save Your Boy
– Assassin Hunter 2020
– Stealing Run
– Fly Skater 2020
Game mobile memang menjadi salah satu bentuk hiburan yang banyak digandrungi. Pasalnya, pengguna tak lagi membutuhkan konsol atau perangkat gaming khusus untuk bisa bermain game. Semua dapat dilakukan dengan smartphone.
Namun ada baiknya berhati-hati, tidak sembarangan mengunduh game dari Play Store, terlebih jika pengembangnya tidak diketahui reputasinya. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY