Asiten II Setdakab Pessel: Masyarakat Mau Divaksin Jangan Hanya Karena Ingin Lancar Terima Bantuan

183
Metro Padang – Asisten II  Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pesisir Selatan (Pessel), Mimi Riarty Zainul mengajak masyarakat agar semangat mengikuti vaksinasi tidak dikarenakan hanya ingin mendapatkan kartu vaksin semata ataupun demi kelancaran menerima program bantuan pemerintah di tengah Pandemi.
Namun, lebih dari itu, adalah pentingnya pemberian vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Mimi mengatakan, sebelumnya pemerintah daerah memiliki kendala untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk disuntik vaksin Covid-19.
“Kendalanya itu, dulu banyak masyarakat yang tidak mau divaksin. Dan seiring waktu, pemerintah daerah mengeluarkan surat edaran untuk wajib wajib vaksin dan segala sesuatunya disangkut pautkan dengan pelayanan publik maupun penyaluran program-program bantuan. Surat edaran yang dikeluarkan juga merujuk dengan edaran dari pemerintah pusat,”katanya, Sabtu (11/9) di Sago saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dalam pembukaan kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Anggota DPR RI, Darizal Basir.
Setelah edaran itu dikeluarkan, maka terjadi lonjakan masyarakat yang datang mengikuti vaksinasi ke Puskemas. Partisipasi aktif itu pun diapresiasi, karena dapat membantu meningkatkan capaian vaksinasi di Pesisir Selatan.
“Dan kami sangat bersyukur, antusias masyarakat mengikuti vaksin meningkat. Tapi, cobalah kita datang untuk divaksin itu, jangan karena hanya ingin berurusan sesuatu atau karena untuk mendapatkan bantuan atau pun bisa ke luar daerah dengan telah memegang kartu vaksinasi,’katanya.
Meski demikian, Mimi menyampaikan bahwa capaian vaksinasi di Pesisir Selatan masih belum terlalu tinggi. Capaiannya masih 10,16 persen dari total target 390.890 orang. Capain itu merupakan suntikkan dosis pertama. Sementara, vaksin dosis kedua realisasinya hanya 4,7 persen.
Sedangkan, jumlah vaksin yang telah diterima oleh Dinas Kesehatan Pesisir Selatan sejak vaksinasi perdana pada 18 Januari lalu hingga 10 September adalah 11.823 vial atau kurang lebih 64.092 dosis.
Untuk itu, Dinas Kesehatan perlu mengejar target. Dan saat ini, langkah cepat yang dilakukan dengan cara menggelar vaksinasi massal serta  menjalin kerjasama seperti dengan Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Barat dan Anggota DPR RI Darizal Basir.
Mimi mengatakan, saat ini pemerintah tidak hanya mengatasi persolan Pandemi, tetapi juga persoalan dampak ekonomi masyarakat. Sehingga, upaya pemulihan ekonomi tersebut juga diwarnai dengan berbagai program bantuan yang digulirkan pemerintah pusat hingga ke daerah. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY