Anggota DPRD Pasaman Aprial Tinjau Pokir Pembukaan Jalan Lingkung Pasar Mapun – Mudiak Air

875
PadangTIME.com – Salah satu wujud kepedulian anggota dewan adalah mengakomodir kebutuhan konstituennya yakni masyarakat pemilih di wilayah daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Biasanya kebutuhan yang diakomodir adalah kebutuhan masyarakat melalui pokok-pokok pikiran atau biasa disebut pokir anggota dewan. 

Hal yang mengatur tentang pokir tersebut termaktub dalam Peraturan Pemerintah No.12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan kota, pada Pasal 54 menyebutkan Badan Anggaran DPRD mempunyai tugas dan wewenang memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada kepala daerah dalam mempersiapkan rancangan APBD sebelum Peraturan Kepala Daerah tentang Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ditetapkan.

Di tahun 2021 ini, anggota dewan DPRD Pasaman dari Fraksi PKS , Aprial (Purn) memasukkan pokirnya untuk pembukaan jalan lingkung dari Pasar Mapun hingga Mudiak Air, Jorong Ampang Gadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti sepanjang 1,05 km dengan lebar 7 meter.

“Pokir ini adalah wujud kepedulian kita terhadap masyarakat dimana pembukaan jalan ini sangat berguna bagi masyarakat karena lokasi pembukaan jalan ini merupakan akses transportasi masyarakat menuju ladang sebagai sumber utama penghasilan,” papar Aprial.
Dia didampingi oleh tokoh masyarakat Ampang Gadang, Masri yang akrab disapa Mak Lek, menuju lokasi pembukaan jalan dimana pekerjaan itu sudah dimulai.

 

“Kita wajib mengontrol pekerjaan ini sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai pemilik pokir. Meninjau dan mengontrol pekerjaan tersebut, agar benar-benar sesuai dengan spesifikasi pekerjaan dimaksud,” lanjut Aprial.

Dalam peninjauan tersebut, pihak kontraktor terlihat telah memulai pekerjaan pembukaan jalan yang dibuktikan dengan terlihatnya alat berat di lokasi pekerjaan.

“Nantinya kita akan pastikan, bahwa pekerjaan pembukaan ini dikelola dan dikerjakan dengan baik, sehingga akan benar-nenar bermanfaat bagi masyarakat pemakai jalan,” papar Aprial.

Lebih lanjut Aprial yang merupakan purnawirawan TNI Angkatan Darat tersebut tidak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang telah memasukkan pokirnya di RKPD Pemkab. Pasaman di tahun 2021 ini.

“Harapan saya kepada pelaksana pekerjaan pembukaan jalan ini agar bekerja dengan baik, sehingga tercapai kualitas dan kuantitas sesuai dengan RAB pekerjaan tersebut,” jelas Aprial.

Setelah peninjauan pekerjaan yang merupakan pokirnya, anggota dewan yang terkenal santun tersebut mengunjungi masyarakat pemilihnya untuk bersilaturrahmi.

“Karena saat ini masih suasana Idul Fitri, maka kami mengunjungi sanak keluarga serta sahabat yang umumnya adalah teman saya sejak kecil maupun sewaktu bersekolah puluhan tahun yang lalu,” jelas Aprial.

Selain mengunjungi kerabatnya, tidak lupa Aprial dan keluarga memberikan bantuan berupa beras dan uang tunai kepada beberapa keluarga yang dianggapnya sangat membutuhkan.

“Masyarakat di sini masih banyak berada di posisi di bawah garis kemiskinan, makanya hari ini Alhamdulillah kita punya rezeki lebih untuk berbagi kepada mereka. Tidak lupa saya juga menyantuni anak yatim, dimana dalam keluarga tersebut ada 4 anak yatim, dan sama-sama kita ketahui bahwa anak yatim adalah merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai umat muslim,” pungkas Aprial. (df)

ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY