Almarhum Nasrul Abit Layak Diberi Gelar Putra Utama Kabupaten Pesisir Selatan

348
Metro Padang – Anggota DPR RI, H.Darizal Basir mengaku sangat kehilangan sosok H. Nasrul Abit, mantan wakil bupati dan bupati Pesisir Selatan dua periode, terakhir wakil gubernur Sumatera Barat mendampingi Gubernur Irwan Prayitno.
“Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan juga merasa kehilangan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakat itu. Beliau juga seorang pemimpin yang bertanggung jawab” tutur Darizal Basir, Minggu (29/8).
Dikatakan, Nasrul Abit selama lima tahun menjadi wakil bupati Pesisir Selatan mendampingi dirinya yang kala itu sebagai bupati Pesisir Selatan (2000-2005).
“Ya, memasuki periode kedua saya sebagai bupati, yang menjadi wakil bupati adalah Nasrul Abit yang sebelumnya ia bertugas sebagai seorang aparatur¬† di Pemerintah Provinsi Lampung. Saya melihat sosok Nasrul Abit bisa melanjutkan kepemimpinan Pesisir Selatan. Benar, setelah wakil bupati, Nasrul Abit terpilih menjadi bupati. Kemudian terpilih lagi periode kedua. Bahkan, karirnya berlanjut jadi wakil gubernur Sumbar mendampingi Gubernur Irwan Prayitno,” ungkapnya.
Diakui Darizal, saat ia menjadi bupati dan Nasrul Abit menjadi wakil bupati, sering terjadi perbedaan pandangan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan.
“Akan tetapi, perbedaan pandangan itu tidak sampai merusak hubungan emosional kami berdua.¬† Roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik. Kami menyadari bahwa perbedaan pandangan itu hal yang biasa. Kami juga berusaha untuk menghindari konflik, dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat,” ungkapnya.
Disebutkan, Nasrul Abit adalah pemimpin yang amanah dan sangat peduli dengan kondisi masyarakat. “Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni dosa-dosanya,” harap Darizal.
Ia menambahkan, begitu banyak jasanya terhadap Kabupaten Pesisir Selatan, maka sangat layak Nasrul Abit diberi gelar “Putra Utama” oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.
Pihaknya juga menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan agar almarhum Nasrul Abit di makamkan di Taman Makam Pahlawan.
“Akan tetapi pihaknya keluarga mengatakan, Nasrul Abit pernah berwasiat jika meninggal dunia agar ia di makamkan di kampung halaman Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan atau dekat makam orang tuanya,” kata Darizal. (mp)
ads
BAGIKAN

LEAVE A REPLY