1051

Metro Padang.com – Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengharapkan, kinerja setiap petugas dalam mejalankan fungsi di harapkan terselenggaranya pembangunan di luar bidang kesehatan dan ikut serta mendukung terciptanya lingkungan dan prilaku sehat.Puskesmas Simatalu Kolaborasikan Pengobatan Medis dan Tradisional

Lahmuddin Siregar  mengatakan Pukesmas diharapkan dapat bertindak sebagai motivator, fasilitator dan turut serta memantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah kerjanya agar berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat.

Upaya pelayanan kesehatan di selenggarakan di mentawai, kata Lahmuddin lebih mengutamakan pelayanan promotif dan preventif bersama kelompok masyarakat yang berada di wilayah kerja puskesmas.

“Prinsipnya di daerah pelosok kita mengutamakan pelayanan medik dasar, kuratif, rehabilitas dengan pendekatan indivindu dan keluarga pada umumnya melalui upaya rawat jalan dan rujukan” kata Lahmuddin Jumat (1/3).

Lahmuddin Siregar  menjelaskan fungsi dari puskesmas itu sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat, memberikan edukasi di wilayah kerjanya untuk menjadikan daerah tersebut menjadi hidup sehat.

Puskesmas simatalu akan mempraktikkan pengobatan medis dengan tradisional mentawai, diharapkan kapus puskesmas, dokter, Bidan dan Perwat bisa bekerjasama dengan sikerei dalam perpaduan antara budaya dan medis, tukasnya.

Berikutnya  memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat di wilayah kerjanya, menurutnya jika di tinjau dari sistim pelayanan kesehatan puskesmas adalah sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di daerah pelosok, ujarnya. (sy)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY