900 Peserta OPD, pelajar SD, SMP dan SMAIkuti Kirab Pemuda Indonesia 2018 di Pasaman

1030

Metro Padang.com – Sekitar 900 peserta dilibatkan dalam berbagai rangkaian kegiatan pelaksanaan kirab budaya Pemuda Indonesia yang dilaksanakan di titik singgah Kabupaten Pasaman dari 13-17 September 2018 mendatang.

Berbagai kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan kirab Pemuda Indonesia Tingkat Nasional yang diselenggarakan di halaman kantor bupati pasaman, Jumat (14/9).Acara itu diawali dengan olahraga bersama dan drama kolosal Tuanku Imam Bonjol.

“900 an peserta ini terdiri dari masing-masing OPD, pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, Mahasiswa dan Organisasi kepemudaan lainnya,” kata Kabag Humas Setda Pasaman, Delsi Syafei. Selain itu kata Kabag Humas, kegiatan lainnya yang diselenggarakan seperti kejuaraan Taekwondo se Sumatera, bertempat di GOR Tuanku Rao, pelaksanaan perkemahan Pramuka dan apel akbar Kwaran se Kabupaten Pasaman, di Gelora Tuanku Imam Bonjol.

Dia menerangkan, Kabupaten Pasaman di tunjuk langsung untuk menjadi titik singgah Kirab Pemuda Indonesia tahun 2018 oleh Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora).

Kirab Pemuda Indonesia ini, kata dia, merupakan program dari pemerintah pusat.Setidaknya, kata Delsi, ada tiga hal penting dari penyelenggaraan Kirab Pemuda 2018 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pertama, ada peningkatan potensi pemuda. Yang kedua dan ketiga adalah kreativitas pemuda dan kewirausahaan pemuda.

“Dari informasi yang kita himpun, kirab pemuda Indonesia ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan kepemudaan, melalui perjalanan pemuda dengan melintasi antar pulau di Indonesia,” katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, terdiri atas bentuk pawai, atraksi budaya kreatif, gala pemuda dan berbagai kegiatan lainnya yang sama dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan itu sendiri akan dihadiri oleh para pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia. Para pemuda ini akan datang dan berkumpul di Kabupaten Pasaman selama beberapa hari.

“Karena kita ditunjuk sebagai daerah titik singgah, otomatis kita tuan rumah. Nanti akan banyak acara. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman,” tutup Delsi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY