MetroPadang.com-Mendapatkan panggilan dari orang asing memang sering menunculkan kekhawatiran tidak menutup kemungkinan panggilan yang masuk merupakan spam atau bahkan penipuan. Namun, bisa juga panggilan tersebut memang benar-benar penting.
Google pun membuat fitur baru untuk membantu pengguna ponsel Android yang ragu-ragu mengangkat panggilan dari nomor asing Google memperkenalkan fitur verifikasi panggilan atau Verified Calls, yang bisa mengidentifikasi nomor telepon.
“Verified Calls akan membantu Anda membuat keputusan tentang panggilan telepon yang masuk,” ungkap Google dalam laman resminya verifikasi panggilan ini berbeda dengan aplikasi identifikasi nomor telepon seperti True Caller atau GetContact.
Fitur yang dikembangkan Google hanya akan mengindektifikasi nomor perusahaan atau nomor bisnis yang telah melalui proses verifikasi sebelumnya.
Syarat utama yang harus dipenuhi, pengguna harus memasang aplikasi Google Phone di perangkatnya.
Perusahaan akan diminta untuk mengirim informasi panggilan yang terdiri dari nomor penelepon, nomor yang dituju, dan keperluan menelepon.
Informasi itu akan disimpan di dalam server Google yang aman. Kemudian, server tersebut akan mengirim informasi ke aplikasi Google Phone yang telah diinstal di perangkat pengguna.
Saat perusahaan melakukan panggilan, aplikasi Google Phone akan mengidentifikasi informasi panggilan lebih dulu dengan mecocokkan data di server untuk memastikan bahwa nomor yang menghubungi benar-benar nomor bisnis.
Apabila sudah sahih, aplikasi Google Phone akan menampilkan nama perusahaan, logo, dan apa keperluannya.
Contoh keperluan yang dimaksud, misalnya saja informasi pengiriman makanan dari restoran atau tagihan pembayaran internet, dan sebagainya beberapa menit setelah panggilan diterima, informasi panggilan akan dihapus dari server.
“Untuk menjaga keamanan data, Google tidak membagikan informasi sensitif tetang Anda dengan mitra bisnis kami,” jelas Google.
Fitur ini aktif secara default namun bisa dinon-aktifkan jika tidak berkenan. Caranya adalah dengan membuka apliaksi Google Phone.
Kemudian pilih menu (ikon titik tiga), lalu ketuk opsi Caller ID and spam atau Spam and Call Screen. Akhiri dengan memilih “turn-off”.
Informasi penelepon juga tidak akan muncul apabila pengguna tidak menambakan nomornya di akun Google miliknya.
Fitur ini belum digulirkan secara merata. Mengingat sudah ada laman dukungannya, kemungkinan peluncuran globalnya akan dilakukan dalam waktu dekat. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY