150 Keluarga di Desa Muara Siberut Tak Terima Bansos

3533
MetroPadang.com-Sebanyak 150 keluarga di Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak mendapat Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah yang disalurkan melakui Kantor Pos Muara Siberut, Sabtu (6/6/2020).
Athexson Jeniuser Akel, salah seorang warga Dusun Batsutdut Desa Muara Siberut yang bekerja sebagai wiraswasta, mengatakan keluarganya tidak mendaoat bansos dari sumber manapun baik dari Kementerian Sosial, Provinsi Sumatera Barat, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD), Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Disperindagkop Mentawai maupun bantuan pangan non tunai.
“Setelah saya ke desa untuk memastikan alasannya nama saya tidak keluar dan akan dilaporkan lagi ke dinas sosial lagi, data apa lagi yang diusulkan,” kata Athexson  , Sabtu (6/6/2020).
 Kepala Desa Muara Siberut, Alizar, mengatakan pihaknya telah mendata seluruh warga yang layak untuk menerima bansos. Namun setelah data dikeluarkan oleh pengelola Bansos ternyata tak semua yang menjadi penerima.
Selain datanya tidak dikeluarkan oleh pengelola Bansos, Alizar, menyebutkan warga mampu tak dimasukkan dalam daftar penerima bantuan saat pengusulan.
“Jadi ada warga datang mengeluh, kami sudah pusing menjelaskan ke masyarakat namun mereka tidak paham juga, padahal ada masyarakat yang penghasilannya berkembang, atau punya pekerjaan itu tidak mungkin kita berikan bantuan, seperti yang mengeluh itu secara pekerjaan mampu,” kata Alizar.
Sekretaris Desa Muara Siberut, Ali Hamdani, mengatakan dari 800 kepala keluarga di Muara Siberut yang diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah, hanya 643 kepala keluarga yang menjadi penerima.
Bansos dari Kemensos 171 KK, Bansos dari Provinsi Sumbar 243, PKH 67 KK dan BLT DD 162 KK selebihnya sekitar 150 KK tidak mendapat bantuan.
“Persoalan ada warga yang tidak dapat itu memang namanya tidak dikeluarkan oleh Dinas sosial dan kita tidak tahu yang jelas semuanya sudah kita usulkan, merekalah yang saring dan kita tinggal menerima data yang sudah valid saja,”kata Ali. (MP)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY