Wawako Padang Hendri Septa Ingatkan Pentingnya Peran RT, RW, LPM dan PKK

855

Metro Padang.com  – Wakil Walikota Padang Hendri Septa mengingatkan kepada pengurus RT, RW, LPM dan TP-PKK terkait akan penting perannya di tengah-tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Wawako sewaktu menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi tentang peranan dan tugas para tokoh masyarakat tersebut dengan tema “Melayani Dengan Hati” di Aula LPM Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (15/8).

“Kesuksesan program pembangunan Pemko Padang memang tidak lepas dari peran tokoh masyarakat. Mulai dari RT, RW, LPM dan TP-PKK,” tambahnya.

Hendri menjelaskan, adapun salah satu peran penting tokoh masyarakat yang diharapkan saat ini diantaranya adalah, seperti terkait implementasi program ketahanan keluarga, yaitu Program 1821. Dimana pengurus RT dan RW diminta untuk proaktif memantau setiap keluarga dalam hal mengefektifkan pemanfaatan waktu mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB di rumah masing-masing.

“Kami mengingatkan kembali kepada Ketua RT dan RW serta Lurah, LPM dan TP-PKK agar memulai Program 1821 tersebut dari keluarga sendiri sebelum mengimbau warga yang lain,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Camat Padang Selatan Fuji Astomi mengingatkan para RT dan RW serta setiap pengurus lembaga kemasyarakatan yang ada di kecamatan yang ia pimpin supaya mengedepankan musyawarah dalam semua hal. Karena tidak akan bisa setiap pemikiran Ketua RT atau RW dilaksanakan sendiri tanpa melibatkan setiap kepala keluarga.

“Kebijakan atau keputusan yang dibuat tanpa musyawarah dapat dianulir. Begitu juga dengan RW tanpa memusyawarahkan dengan setiap RT di wilayahnya akan bisa berakibat fatal,” tutur camat.

Sementara itu kata Fuji Astomi, melalui peran RT, RW, LPM dan TP-PKK diharapkan semakin menumbuhkan semangat pemberdayaan sehingga setiap warga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan. Begitu juga dalam mengatasi persoalan di tingkat warga serta pengembangan potensi-potensi yang ada, tentunya tidak lepas dari peran dan tanggungjawab RT dan RW serta lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Tumbuhnya semangat pemberdayaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan tidak lepas dari peran masyarakat. Termasuk dalam mengatasi persoalan, menggali potensi dan pengembangannya. Tokoh masyarakatlah sebagai ujung tombaknya,” cetusnya

Senada dengan itu Lurah Rawang, Andi Amir selaku yang punya kegiatan mengatakan sosialisasi tentang penguatan peran tokoh masyarakat ini sejatinya untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas. Sesuai tema yakni Melayani dengan Hati.

Dia mengungkapkan, HATI sendiri singkatan dari Humanis, Attitude, Trust dan Inovatif. Artinya pelayanan yang manusiawi, bersikap baik dan terpercaya serta selalu berinovasi.

“Melayani dengan HATI kami jadikan motto pelayanan Kelurahan Rawang. Motto itu juga bentuk komitmen kami dalam bersinergi dengan warga, tokoh masyarakat serta elemen lainnya,” tukas Lurah Terbaik Kota Padang 2018 itu.

Peserta kegiatan ini diketahui diikuti sebanyak 80 orang yang terdiri dari Ketua RT, Ketua RW, PKK dan LPM se-Kelurahan Rawang. Dimana Wakil Walikota Padang dan Camat Padang Selatan diminta sebagai narasumber.(rel)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY