Wawako Erwin Yunaz Pimpin Apel Siaga Covid-19 di Kel Nunang Daya Bangun

472

Metro Padang.com –Payakumbuh, Wakil Walikota Payakumbuh Pimpin Apel Siaga Covid-19 di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Dalam rangka memutus mata rantai virus corona, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz pada Sabtu pagi (4/4/2020) memimpin langsung Apel Siaga Covid-19, yang diinisiasi oleh tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB).

Kegiatan apel yang dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan di seluruh kelurahan NDB ini ditandai dengan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) berupa mantel dan sarung tangan secara simbolis oleh Erwin Yunaz kepada salah satu peserta apel siaga.

Dalam keterangannya Erwin menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat di NDB merupakan sebuah bentuk kepedulian sosial dalam rangka melawan virus Corona.

“Saya apresiasi kegiatan yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat ini. Mari bersatu padu kita menggalang kekuatan secara kolektif untuk mencegah covid-19 ini” kata orang nomor dua di kota Payakumbuh ini.

Lebih jauh Erwin juga menyebutkan dalam sambutannya bagaimana proses inkubasi virus yang telah banyak menelan jiwa ini. Menurutnya warga masyarakat juga harus memahami dan tidak menganggap remeh penyebaran virus yang telah menjadi pandemi ini.

Sementara, Ketua LPM Moris yang merupakan salah satu penggagas kegiatan ini mengatakan bahwa yang melatar belakangi kegiatan ini adalah banyaknya permintaan warga untuk dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Warga sudah mulai tidak nyaman dan selalu bertanya kapan dilakukan penyemprotan. Untuk itu kita ambil langkah cepat dengan melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan. Alhamdulillah Lurah NDB merespon dengan cepat” ujar Moris.

Proses persiapan kegiatan ini menurut Moris terhitung sangat cepat mulai dari pengkoordinasian dengan pihak kelurahan, RT/RW, Karang Taruna dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Dalam hitungan 4 hari rencana tersebut dapat diwujudkan.

“Pengkoordinasian kita lakukan hanya 4 hari. Banyak partisipasi warga yang menyumbang secara sukarela untuk kegiatan ini” kata Moris.

Diminta keterangannya Lurah NDB Ari Ashadi Mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja keras seluruh tokoh masyarakat tanpa bisa disebutkan satu persatu. Mulai tokoh-tokoh yang memegang kepengurusan lembaga kemasyarakatan seperti LPM, RT/RW, Karang Taruna maupun tokoh masyarakat di lembaga-lembaga keagamaan seperti pengurus masjid dan lain sebagainya.

“Semua ketua RT /RW berjibaku mencari donatur dan sumbangan sukarela untuk kegiatan ini. Mereka adalah pahlawan bagi kita semua. Tanpa mereka tentu kegiatan ini tidak terlaksana. Untuk itu kami ucapkan terima kasih” ujar Ari

Dalam pengkoordinasian Ari juga menyampaikan terima kasih kepada H. Naldi selaku tokoh masyarakat yang selalu siap sedia pada saat dibutuhkan. Menurutnya sejak kepindahan kantor lurah NDB dirinya selalu membantu kegiatan di kantor lurah.

“Kalau boleh saya katakan arsitek Goro berjilid-jilid di kantor lurah beberapa waktu lalu tidak lepas dari campur tangan beliau selaku tokoh dan ketua masjid makmur. Pada kegiatan ini pun beliau juga full power. Seharian kemarin kami bersama ketua LPM dan beliau mempersiapkan dan mencari obat disinfektan berkualitas bagus di kota Payakumbuh. Berkat relasi beliau kita dapatkan disinfektan tersebut” kata Ari.

Ketua Karang Taruna Dedi Hendri pada kesempatan tersebut juga tampak antusias bersama tokoh masyarakat lainnya.”Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Sebelum kegiatan ini saya juga sudah melakukan penyemprotan dengan inisiatif sendiri. Semakin sering tentu semakin bagus” ujar Dedi penggiat media sosial ini. Pada saat pelaksanaan penyemprotan disinfektan di lapangan warga masyarakat tampak antusias menyambut tim yang bertugas.

“Tarimo kasih banyak yo pak. Kok dapek penyemprotan ko iyo acok-acok dilaksanakan pak” kata Dewi salah seorang warga NDB. Terkait dengan hal tersebut Ari meyebutkan bahwa direncanakan kegiatan penyemprotan jni akan dilakukan secara berkala.

“Bila memungkinkan Minggu depan kita akan lakukan kembali apel siaga ini. Dalam kondisi kini semakin sering disemprot semakin baik. Terkait semua yang terlibat pada kegiatan ini kami ucapkan terima kasih” ujar Ari.

Ikut dalam kegiatan apel bersama ini Camat Payakumbuh Barat, Lurah dan Staf, Kabag Pemerintahan, Kepala Puskesmas Ibuh dan staf, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua RT/RW, Palanta, dan tokoh masyarakat. (rel/MP)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY