WARGA BUILALU MENGAJAK TNI MEMBUAT MAKANAN TRADISIONAL BOSE

312

Metro Padang.com – Bose atau jagung bose adalah makanan tradisional masyarakat timor barat(kupang dan sekitar nya).makanan ini berbahan dasar jagung,supaya kita ketahui jagung merupakan makanan pokok warga timor.pengolahan ini membutuhkan waktu yang lama.mulai dari jagung di pipil,kemudian di tumbuk di rendam dan di rebus.butuh waktu yang lama.tetapi punya nilai tersendiri,mulai dari rasa hingga nilai budaya nya.hal itu yang mendorong ibu MINA FERNANDES untuk mengajak anggota SATGAS PAMTAS YONIF RAIDER 408/SBH pos delomil untuk membuat makanan tradisional timor yaitu bose.
menurut ibu mina yang merupakan warga dusun builalu desa lamsenulu kec lamaknen,kab belu NTT,bahwa bahan-bahan untuk membuat bose mudah di dapat.yaitu jagung sebagai bahan dasar,di tambah juga dengan sayur mayur seperti kangkung,daun ubi dan pucuk labu muda juga buah labu muda.

ajakan ibu mina ini bentuk kepedulian kepada TNI segaligus mengajak TNI untuk bersama-sama menjaga tradisi budaya timor dan kearifan lokal yang di miliki bangsa indonesia.dengan mengajak TNI,sekaligus TNI bisa mengerti cara membuat makanan tradisional suatu daerah.
menurut ibu mina kehadiran TNI di perbatasan sangat terasa,karena TNI mudah bergaul bersama warga.
“saya sudah lama ingin mengajak anggota TNI untuk membuat bose,sehingga kita bisa makan sama-sama.biar bapak-bapak TNI juga bisa merasakan makanan orang timor,khusus nya di belu.baru saat ini saat TNI datang saya langsung ajak buat jagung bose”.tutur ibu mina.
dengan kebaikan TNI kepada warga masyarakat,sehingga masyarakat juga tidak sungkan untuk mengajak TNI membuat dan mencicipi masakan mereka.
menurut danpos delomil Lettu Inf Dwi Sulistyo.N bahwa dengan di ajak nya anggota TNI membuat bose,secara tidak langsung keakraban sudah terbangun dengan baik,tanpa mengesampingkan budaya masyarakat yang sudah ada turun temurun.
“kepedulian warga kepada TNI wajib di beri apresiasi,apa lagi warga dengan suka rela mengajak anggota TNI untuk membuat makanan khas timor,ini sungguh luar biasa”.ungkap danpos delomil.
bose hanya bisa kita jumpai di wilayah timor,biasa nya di sajikan dengan sayur-sayuran.sehingga saat di cicipi terasa nikmat.TNI sangat bersyukur di tengah-tengah kemajemukan warga,tetapi dengan kehadiran TNI bisa mempersatukan kemajemukan tersebut,dengan TNI bisa menjaga adat budaya suatu daerah,seperti yang ada pada masyarakat di belu ini.

LEAVE A REPLY