Wagub Nasrul Abit Buka Jambore Kreativitas GenRe dan Perkemahan Bakti Saka Kencana

160

Metro Padang.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit ketika membuka Jambore temu kreativitas GenRe dan Perkemahan Bakti Saka Kencana tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018, di Camping Ground Kandih, kota Sawahlunto  (29/8).

Nasrul Abit Mengatakan Penghargaan kategori Penyantun merupakan urutan tertinggi dalam Ayah Bunda GenRe Award Provinsi Sumatera Barat. Dibawahnya ada penghargaan kategori Inspirator, kategori Motivator dan kategori kreator.

Pemprov Sumbar menjadi yang terdepan dalam Kolaborasi PIK remaja dan Saka Kencana. Bahkan diakuinya, Sumbar telah mendahului nasional dalam inovasi. Sinergitas antara remaja yang saling peduli, berinteraksi, mengasah kemampuan, dan berprestasi tampak nyata dalam Jambore. Komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam meningkatkan partisipasi remaja dalam program kesehatan reproduksi Generasi Berencana (Genre), secara diam-diam mendapat perhatian dari pemerintah Provinsi Sumatera Baratungkap Nasrul Abit.

Atas dedikasi dan dukungan terhadap pembentukan karakter remaja dalam meraih Bonus Demografi dan Indonesia Emas, , Walikota (Wako) Solok dianugerahi penghargaan Ayah Bunda GenRe kategori penyantun oleh Gubernur Sumbar.

Terhadap penghargaan itu, Wako Solok Zul Elfian mengaku sangat bersyukur. Menurutnya, Generasi muda, terkhusus kaum remaja, perlu mendapat perhatian, sebab masih dalam masa transisi atau peralihan dari anak-anak menjadi dewasa.

“Pendidikan karakter terhadap kalangan remaja bisa dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan positif, seperti Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Pramuka kencana yang ada di Sekolah maupun kampus serta banyak media lainnya,” sebut Zul Elfian yang turut didampingi Kabag Humas Nurzal Gustim.

Di sisi lain, Kepala BKKBN Sumbar, Syahrudin, menjelaskan Program Generasi Berencana (GenRe) merupakan salah satu program dari BKKBN dalam menanggulangi berbagai persoalan di kalangan remaja, termasuk mempersiapkan diri jelang memasuki usia menikah.

Melalui PIK Remaja, setiap anak diarahkan untuk tidak menikah diusia dini, menjauhi segala macam perilaku penyimpangan seksual serta tidak mencoba narkoba. Sementara, Saka Kencana merupakan wadah dari pramuka untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang rumah tangga.
Terkait Jambore temu kreativitas GenRe dan Perkemahan Bakti Saka Kencana tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018, Perwakilan BKKBN Pusat, Sugiatna menilai merupakan bentuk keseriusan Pemprov Sumbar dan Kabupaten kota dalam membangun remaja yang berkarakter.Tahun 2017 lalu, Ketua TP-PKK kota Solok Hj. Zulmiyetty Zul Elfian juga dianugerahi penghargaan serupa dari Pemerintah Provinsi Sumbar. Zulmiyetty Zul Elfian didapuk sebagai Bunda Penyantun ABG Award dalam Jambore temu kreativitas GenRe PIK Remaja/Mahasiswa dan Kemah Bakti Saka Kencana Sumbar di Minang Fantastis Village, Padang Panjang.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY