Wabup Pasaman, Atos Pratama Pimpin Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI ke-47.”

60

Metro Padang.com  – Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama pimpin peringatan tiga hari besar sekaligus, Kamis, 29 November 2018. Tiga hari besar itu, meliputi Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI ke-47.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita memperingati gabungan dari tiga upacara penting, yaitu HKN ke-54, HGN dan HUT Korpri ke-47. Saya akan sampaikan inti-intinya saja dari peringatan ketiga moment itu,” ujarnya.

Memperingati HKN, Wabup Atos meminta, agar semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan harus terus dikobarkan.

Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama tenaga kesehatan yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan, baik ditingkat jorong, nagari, kecamatan sampai kabupaten.

“Kita optimis pembangunan kesehatan di kabupaten itu akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan SDM Pasaman yang sehat dan berprilaku hidup sehat” katanya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup sehat melalui Germas harus terus ditingkatkan. Dengan cara menekankan kesadaran tiap individu masyarakat. Pemda terus berpartisipasi dan mendorong terlaksananya Germas ini,” katanya.

Di Hari Guru Nasional, peran guru sebagai pendidik tidak akan pernah tergantikan oleh kemajuan teknologi. Namun, pada era globalisasi ini para guru tetap diminta untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi guna meningkatkan kualitas PBM disetiap satuan pendidikan.

“Ini sangat, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetensi global. Selain itu, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” katanya.

Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Namun, harus menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter kepada peserta didik dalam kehidupan.

“Mari kita jadikan HGN ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa. Sehingga terwujud bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, serta mampu bersaing dalam kancah persaingan global,” katanya.

Di HUT Korpri ke-47, kata Wabup harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. Sebagai sebuah korps profesi, Korpri mempunyai tuntutan untuk dapat mempererat solidaritas para anggotanya.

“Selain itu mendorong pengembangan kompetensi SDM. Korpri juga harus mampu menjaga netralitas organisasi, menempatkan pelayanan masyarakat diatas kepentingan pribadi, organisasi dan golongan,” ujarnya.

Pada peringatan tersebut, Wakil Bupati Pasaman juga menyerahkan sejumlah hadiah kepada para kepala sekolah pemenang lomba Gerakan Inovasi Kebijakan Sektor Pendidikan (Genovik) dan tenaga kesehatan pemenang lomba HKN.

Diantaranya kebijakan sektor pendidikan (genovik) tingkat PAUD juara satu TK Khairunisa Lubuk Sikaping, juara dua TK Kemal Bhayangkari, juara tiga TK Pembina Lubuk Sikaping.

Kemudian tingkat SD, juara satu UPT SDN 06 Pauh Lubuk Sikaping, juara dua UPT SDN 05 Pauh Lubuk Sikaping, juara tiga UPT SDN 09 Bahagia Padang Gelugur. Tingkat SLTP, juara satu SMPN I Rao Selatan, juara dua SMPN I Padang Gelugur, juara tiga SMPN I Lubuk Sikaping.(df)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY