Wabup Mentawai Dukung ASB Sediakan Posko Pengungsian Masyarakat

1255

Metro Padang.com – Program pembangunan Posko naungan di setiap Dusun yang sudah difasilitasi oleh Organisasi Arbeiter Samariter Bund (ASB), sangat diapresiasinya dan mendukung program Pemerintah dalam penanganan sebuah bencana.Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabelekake sangat mengapresiasi adanya beberapa Posko tempat pengungsian bagi masyarakat bila terjadi gempa dan Tsunami.

“Di Mentawai tidak mungkin membangun sebuah Shelter karena masyarakatnya saling berjauhan, Shelter itu khusus di kota yang padat penduduknya,” sebut Kortanius dalam serah terima program ASB, beberapa waktu lalu.

Apa bila ada pembangunan Shelter biayanya sangat mahal, satu buah gedung Shelter akan membutuhkan biaya Rp 10 hingga Rp 15 miliar, dan ini sangat sulit diadakan, ujarnya.

“Pemerintah kita sangat terbatas dalam konteks anggaran, untuk pembangunan sebuah sarana dan prasarana di daerah daerah Dusun lamban laun akan kita usahakan,” sebutnya.

Program pembangunan Posko yang dilakukan ASB inilah yang akan diteruskan, karena sangat efektif di setiap daerah.

“Semua aset yang sudah diserah terimakan kepada setiap Posko, haruslah dijaga, fasilitas seperti alat komunikasih harus terus diupayakan, karena bilah kemungkinan bencana itu terjadi, itu bisa dipergunakan untuk melaporkan kejadian di daerahnya yang jauh dari jangkauan,” sebut Kortanius.

Megatrus Mentawai memang harus diwaspadai, khususnya pemahaman tentang penanganan bencana, serta respon bencana haruslah ditingkatkan.

“Pemkab Kepulauan Mentawai sangat berterima kasih kepada ASB yang sudah memberikan pemahaman serta fasilitas yang ada di setiap Dusun yang menjadi sasaran program ASB selama tiga tahun di Mentawai,” ucap Kortanius . (ii)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY