TMMD dan Peran Babinsa Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat

703
sponsor

MetroPadang.com – Rembang,TMMD dulu lebih  dikenal dengan nama AMD (ABRI Masuk Desa), program yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah, kususnya TNI, itu merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam rangka memeratakan pembangunan di pedesaan, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal.

TMMD ini sebenarnya bukan hanya semata-mata untuk membantu pemerataan pembangunan di pedesaan, akan tetapi juga berfungsi untuk menjalin kerjasama yang baik antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, Dengan cara seperti ini akan terlihat bahwa TNI dan masyarakat begitu dekat, bahkan mereka menunjukkan bahwa TNI tidak hanya hebat di medan perang saja, akan tetapi TNI juga bisa bekerja sama dengan masyarakat membangun dan memajukan daerah-daerah yang masih terpencil. TMMD merupakan program yang sangat positif, program yang patut untuk dipertahankan.

Sebagai program yang bersifat bottom up planning, maka melalui TMMD masyarakat bersama aparat kewilayahan terendah (Babinsa) serta perangkat desa, berupaya mendefinisikan apa yang diperlukan untuk segera diadakan demi akselerasi pembangunan yang dapat menyejahterakan masyarakat setempat secara menyeluruh. Dalam konteks di sini, Babinsa memiliki peran sangat penting dalam rangka mewadahi aspirasi warga masyarakatnya.

Kita sadar betul, bahwa tugas dan peran Babinsa (Bintara Pembina desa) merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesejahteraan warga masyarakat, sekaligus sebagai mata telinga bagi keamanan di wilayah masing-masing. Dengan menerapkan lima Kemampuan Teritorial, kemampuan penguasaan wilayah dan komunikasi sosial serta kemampuan dalam mengembangkan teritorialnya, diharapkan para Babinsa dapat melakukan deteksi dan cegah dini terhadap kemungkinan berkembangnya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.
Babinsa dalam tugas kesehariannya harus selalu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, serta harus dapat melaksanakan tugas di daerah binaan masing-masing. Peran babinsa sangat vital, Babinsa berada di barisan terdepan dari Aparat Komando kewilayahan. Namun jika peran dan fungsinya yang sangat kompleks tersebut tidak disertai dengan kemampuan yang memadai dan tanpa didukung oleh rakyat, maka kekuatan Aparat Komando kewilayahan juga akan tumpul. (0720)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY