Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Besok BPBD Sumbar Ujicoba Helikopter

687

Metro Padang.com – Besok (Jumat 6 Maret 2020) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) rencananya akan mencoba pendaratan helikopter dalam rangka simulasi penanganan bencana secara cepat.

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, simulasi tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana yang beberapa waktu terakhir semakin intens terjadi di Sumbar.

Pendaratan akan dilakukan dibeberapa titik yakni SMA 1 Padang dan di Dinas PU Sumbar, Lapangan PJKA dekat M Djamil Padang.

“Ini sebagai bentuk langkah cepat penanggulangan bencana, jika terjadi kita langsung tahu mana titik pendaratan yang aman untuk helikopter,” jelasnya, Kamis, 5 Maret 2020.

Disampaikannya, BNPB mempercayai BPBD Sumbar untuk memanfaatkan helikopter hingga 3 bulan kedepan untuk simulasi maupun evakuasi bencana.

“Momen ini kita gunakan sebaiknya agar saat terjadi bencana kita tidak gagap lagu dalam evakuasi. Apalagi megathrust Mentawai terus mengancam ditambah gempa 5,2 magnetudo semalam,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, kondisi di Sumbar saat ini tidak menentu, ada yang banjir dan kebaran. Helikopter sangat dimungkinkan untuk menjangkau lokasi bencana yang sulit terjangkau seperti Mentawai dan Pasaman Barat serta kawasan pesisir pantai.

“Kita tidak tahu kapan bencana itu terjadi, namun kesiapsiagaan harus selalu ditingkatkan. Walaupun demikian kami mengimbau masyarakat tidak panik,” tukasnya. (MP/Hms-Sumbar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY