Tes Petugas Haji Kota Payakumbuh Diminati ASN Kemenag

22

Metro Padang.com – Payakumbuh, Menunaikan haji adalah impian semua muslim di dunia apalagi ditengah panjangnya antrian keberangkatan saat ini. Cara lain untuk dapat menunaikan ibadah haji adalah menjadi seorang petugas.

Fasilitas ini merupakan sebuah reward bagi asn jajaran Kementerian Agama yang setia menjalankan tugas sebagai abdi negara dalam melayani masyarakat. Tentunya ada langkah yang harus dilalui asn tersebut.

Seperti yang terlihat Senin tanggal 25 Februari 2019, sebanyak 32 ASN Kankemenag Kota Payakumbuh yang memenuhi persyaratan, mengikuti tes rekrutmen petugas haji Kanwil Kemenag Sumbar yang dipusatkan di Ngalau de Resto objek wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh.

Tes tersebut dipantau langsung Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri diwakili Kasubbag Hukum dan FKUB, H. Rifki Diflaizar. Kesempatan tersebut, H. Rifki langsung membawa soal ujian dan ikut memantau langsung pelaksanaan tes rekrutmen petugas haji di Payakumbuh.

Dalam laporannya, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Jufrimal menyampaikan bahwa awalnya peserta tes berjumlah 33 orang, namun hanya 32 ASN yang berhasil memenuhi persyaratan tes yang ditentukan Menteri Agama RI.

“Peserta tes berjumlah 32 orang, terdiri dari pejabat eselon IV, kepala madrasah, PAIF, Guru YDB, JFT dan JFU. Dari sekian banyak peserta tes akan mengisi kuota tes yakni untuk TPHI sebanyak 9 orang, TPIHI sebanyak 4 orang dan PPIH Arab Saudi sebanyak 19 orang. Tes inj langsung disaksikan tim dari kanwil yang sekaligus akan membuka secara resmi kegiatan ini,”Jufrimal sampaikan.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Mustafa yangnjuga ikut dalam tes ini dalam sambutannya mengharapkan peserta tes dapat mengikuti tes dengan serius.

“Mari kita ikuti tes dengan serius sehingga menghasilkan petugas yang profesional nantinya. Terkait lolos atau tidaknya itu adalah keputusan Allah SWT. Karena haji adalah panggilan Allah,”singkat Mustafa.

Membuka tes rekrutmen petugas haji dari Kankemenag Kota Payakumbuh, H. Rifki Diflaizar menyebutkan bahwa setiap kerja dengan niat ikhlas akan menghasilkan karya yang maksimal dan diredhoi Allah SWT.

“Pekerjaan yang ikhlas akan dibalas Allah SWT. Untuk itu ikhlaskanlah niat sebelum mengikuti tes ini. Karena soal versi objektif sebanyak 100 buah soal. Setiap pilihan petugas beda soalnya. Pasanglah niat karena Allah, kalau lulus kita bekerja sambil beribadah. Ini adalah nikmat Yang Maha Besar bagi insan yang pandai bersyukur,”arah Rifki.

“Perhatikan sampul dan soal, saat ini masih utuh bersegel dan kita buka dengan persaksian peserta tes dan panitia. Dengan mengucapkan Basmallah, tes rekrutmen petugas haji Kankemenag Kota Payakumbuh kami buka secara resmi. Usai tes, hasilnya akan langsung kami bawa ke Kanwil untuk dilaporkan kepada pimpinan, untuk menjalani langkah selanjutnya,” pungkas Rifki sembari mennyerahkan soal kepada Kepala Kankemenag.

Usai pembukaan, panitia segera membagikan 3 versi soal kepada para peserta tes. Sementara panitia dan pemantau ujian menempati posisi yang sudah disiapkan.

Di lokasi panitia tes, Kasi PHU Jugrimal saat dikomfirmasi media mengenai Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2019 menerangkan bahwa JCH kota Payakumbuh tahun 2019 berjumlah 231 sesuai nominasi ditambah 3 JCH cadangan.

“Tahun 2019 JCH berjumlah 231 ditambah 3 cadangan. Mereka telah mengikuti serangkaian mansik dan pembinaan kesehatan. Dalam waktu dekat kita akan proses paspor jemaah. Berdasarkan kalender perhajian, diperkirakan JCH Payakumbuh tergabung kloter I, yang akan awal keberangkatan sekitar tanggal 6 Juli 2019. Awal pemulangan kloter I diperkirakan tanggal 8 Agustus 2019,”terang Jufrimal.(red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY