SEREMPAK BABINSA KAYEN TERJUN KE SAWAH WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN

18

Metro Padang.com – Pati – Serempak para Babinsa Koramil 04/Kayen Kodim 0718/Pati melaksanakkan Pendampingan Upsus Penanaman padi di 17 desa wilayah Kec. Kayen  dengan padi jenis yang bervarietas antara lain  IR 32 dan IR 64.

Dengan berkoordinasi di masing-masing kelompok tani di desa binaanya para Babinsa Koramil 04/Kayen mengajak untuk tanam padi di MT II ini secara serempak guna mengejar musim penghujan pada bulan maret ini yang masih relatif tinggi dan juga untuk memenuhi target pencapaian LTT Kecamatan Kayen MT II seluas 3.762 Ha. Hal tersebut juga untuk mempersiapkan
agar MT III tanam jagung, kedelai masih mendapat kadar air tanah yang cukup di lahan persawahan sehingga pencapaian Panen Pajale dapat optimal.

Bapak Parno Kelompok Tani Sido Rukun  dengan Luas lahan 2,5 Ha, Desa Pesagi  dengan didampingi Babinsa Serda Surawi, ditempat yang berbeda Babinsa Bologung Serka Sugiyanto juga mendampingi petani tanam padi di sawah milik Bapak Kaswadi luas  1,2 ha dengan jenis padi impari 32 jumbo serta Babinsa Srikaton Serka Slamet pendampingan di Bapak  Sarjono poktan  Mbangun Karyo dengan luas 2,5 ha jenis varitas  IR 64.

Guna mensukseskan swasembada pangan dan pencapaian LTT di wilayah Kecamatan Kayen Kab. Pati khususnya dan nasional pada umumnya, babinsa Koramil 04/Kayen tidak segan turun langsung kesawah. Selain mensukseskan swasembada pangan nasional, para Babinsa  juga memberikan motivasi kepada para petani untuk mengolah lahan, sekaligus juga mendampingi para petani dalam menggarap sawah.

Babinsa juga selalu melaksanakan tugas pokoknya sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Dalam pelaksanaan tugasnya para Babinsa membantu masyarakat di daerah binaannya sesuai dengan kemampuannya, sehingga dalam proses penanam padi dapat dilakukan dengan baik agar manghasilkan kwalitas dan kwantitas panen yang maksimal.

Danramil 04/Kayen Kapten Cba M. Zuhri Antoro mengatakan “Peran Babinsa dalam kegiatan ini akan menambah semangat para petani dalam bekerja. Kegiatan seperti inilah yang dilakukan para Babinsa Koramil 04/Kayen Kodim 0718/Pati bersama PPL untuk mensukseskan swasembada pangan di Indonesia,” Ungkapnya.

Disela sela kegiatannya Serka Slamet mengutarakan, ” Saya sebagai Babinsa harus memberi penyemangat dan motivasi bagi para petani maka sudah sepatutnya Babinsa selalu hadir di tengah tengah para petani di dalam menggarap lahan persawahan sehingga keluhan maupun kendala yang dihadapi petani bisa dipahami serta dapat dicari solusi yang terbaik dan mengkoordinasikan dengan pihak yang terkait dalam hal ini PPL,” Katanya.

“Pendampingan yang dilakukan antara lain membantu pengolahan tanah, penyemaian dan pemeliharaan tanaman  sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut hasil panen dapat meningkat dan para petani lebih sejahtera,” Tambahnya.

Dari ketua kelompok tani ke 17 desa yang di wakili oleh Bapak Parno Kelompok Tani Sido Rukun Desa Pesagi khususnya dan desa desa sekecamatan Kayen mengucapkan banyak terimakasih pada para Babinsa yang telah mendampingi peningkatan Swasembada pangan di wilayah kecamatan Kayen.
“Tidak hanya sampai disini mungkin untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat kemasyarakatan, kemajuan dan Kamtibmas peran Babinsa untuk selalu mendampingi di tengah tengah warga” Kata Parno. (04/sol)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

49 − 41 =