oleh: TISNA S,Pd
Metro Padang.com-SEPANJANG pengetahuan tidak ada orang tua dengan sengaja mendidik anak agar tidak berhasil dalam hidupnya. Setiap orang tua mengharapkan anaknya berhasil dan sukses. Namun kenyataannya  tidak semua orang tua atau pendidik berhasil mancapai tujaun.
Timbulnya kegagalan tentu harus  di teliti apa penyebabnya. Kepribadian seorang anak  terbentuk dari faktor konstitusi dan lingkungan, untuk memperoleh gambaran  yang lebih jelas. lebih dahulu  meneliti faktor orang tua. bagaimana peranan sikap orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak.
Pada dasarnya kepribadian seseorang telah terbentuk pada akhir tahun kelima dari umur seseorang. perkembang selanjutnya merupakan penghalusan stuktur  dasar. Peranan orang tua  terutama ibunya sangat  besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak perasaan hidup aman di dunia mungkin hanya di miliki anak bila sejak anak lahir  di liputi oleh suasana cinta dan kasih sayang  serta di terima ibunya dengan kegembiraan dan keikhlasan.
Orang tua (keluarga) yang pertama dan utama memberikan dasar-dasar pendidikan agama. budi pekerti, sopan santun, etika , kasih sayang, rasa aman dan dasar-dasar  mematuhi aturan  serta menanamkan  kebiasaan-kebiasaan  dengan memberikan  contoh melalui perbuata. bukan hanya  dengan nasehat. karena salah satu sifat kekanak-kanakan adalah suka meniru.
Setiap pengalaman anak. baik yang diterimanya  melalui penglihatan. pendengaran atau perlakuan  terhadap anak waktu kecil merupakan kebiasaan kemudian tumbuh menjadi tindakan moral di kemudian hari. contohnya: orang tua yang sering memperlakukan  anaknya dengan kasar dan keras. maka tumbuhlah pada jiwa anak rasa tidak senang  bahkan rasa tidak di sanyangi. maka lama kemalamaan timbul pula pada anak sikap kasar dan keras  terhadap siapa saja, begitu juga dengan orang tua yang suka membohongi anak untuk sekedar menakuti anak untuk mengentikan tangisannya. maka dapatlah bibit pembohong  tumbuh pada jiwa anak.

Orang tua tanpa di sadari  mengambil sikap tertentu. anak melihat dan menerima sikap orang tua dan melihatkan suatu tindakan dalam tingkah lakunya yang dibiasakan. sehingga menjadi suatu pola kepribadian. Biasanya orang tua mengambil sikap tertentu terhadap anaknya bedasarkan latar belakangnya sendiri dan penampilan anak itu sendiri. sampai sejauhmana peranan sikap orang tua yang menentukan  dalam mendidik  dan dampaknya terhadapnya  terhadap pembentukan kepribadian anak. (MP)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY