Pemprov Sumbar Ajak Masyarakat Selalu Jaga Pola Hidup Sehat

871

ADVETORIAL  PEMPROV SUMBAR 

6 November  20019 

Metro Padang.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 tingkat Provinsi yang ke 55, Rabu pagi (6/11/2019) di Halaman Kantor Gubernur, mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Wagub Sumbar hadir didampingi ketua BKAOW Sumbar, ny. Wartawati Nasrul Abit, Kadis Kesehatan dan beberapa utusan kepala OPD dilingkungan pemprov Sumbar.

Wagub Sumbar mengajak masyarakat agar memiliki budaya peduli sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

“Pada momentum HKN ini, marilah kita wujudkan kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan tempat kerja untuk melakukan gerakan peduli sehat, sebab kalau kita sehat, maka pikiranpun menjadi sehat, tentunya akan menjadi bangsa yang produktif, penuh dengan inovasi yang membangun,” kata Wagub Sumbar.

Selanjutnya Wagub Nasrul Abit berharap adanya kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dari mulai tingkat pertama sampai mendapatkan pelayanan obat maupun tindakan medis yang berat di rumah sakit.

“Tentunya dengan kenaikan BPJS ini, pelayanan kesehatan di rumah sakit bisa lebih ditingkatkan lagi dan bisa tepat sasaran,” ucapnya.

Lebih lanjut Wagub Sumbar mengucapkan selamat merayakan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55. “Tingkatkan integritas dalam melayani kesehatan masyarakat demi Sumbar Sehat dan Sumbar unggul,” tuturnya.

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini penyakit Tidak Menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bersih-bersih di tempat umum dan senam bersama, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk hidup berperilaku bersih dan sehat (PHBS) dan senantiasa melaksanakan Germas.

“Pemerintah akan mendorong terus agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumbar dilakukan optimal,” imbuh Nasrul.

Usai senam sehat kegiatan HKN, Wagub Sumbar bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dan para pejabat di lingkup Pemprov Sumbar mengunjungi stan kesehatan. Pada kesempatan tersebut Nasrul Abit langsung cek kesehatan yang hasilnya sehat, selalu berolahraga, walaupun hanya 30 menit tiap hari yang dibarengi konsumsi buah serta sayuran sehat

Sehat menjadi hal yang sangat penting sekali. Karena kalau tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi bangsa yang produktif,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr hj Merry Yuliesday, MARS  di Halaman kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat , Rabu, 06 November 2019 bersama Prof Dr.drEva Decroli,SpPD-KEMD dalam kegiatan HKN KE 55  meliputi banyak hal terkait kesehatan fisik, pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan serta edukasi, juga peningkatan pecegahan dan deteksi dini penyakit, terutama penyakit tidak menular. Kegiataan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Bapak Nasrul Abit dan Istri dan beserta pejabat eselon III dan IV

Penyakit tidak menular yang meningkat tidak hanya dapat menurunkan produktivitas seseorang, melainkan juga bisa menyebabkan meningkatnya pembiayaan layanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat itu sendiri dan pemerintah.

“Jangan lupa untuk melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Kemudian, kita juga harus makan makanan yang bergizi,”

(tisna)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY