Pemkab Pasaman Gelar Uda Uni Duta Wisata

44

Metro Padang.com – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, bakal menggelar Uda Uni Duta Wisata pada tanggal 23-26 Juli 2018 mendatang.

Agenda tahunan ini sendiri digelar dalam rangka pengembangan seni budaya daerah. Selain itu, juga untuk mendukung peran serta generasi muda dalam mempromosikan kepariwisataan bagi daerah ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi mengatakan, pemilihan uda uni duta wisata tersebut terbuka untuk umum, khususnya bagi putra-putri kabupaten setempat. Namun, kata Ricky, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya umur peserta mulai dari 18 tahun hingga 24 tahun.

“Kemudian WNI, berpenampilan menarik, pendidikan minimal lulus SMA sederajat, tinggi badan bagi pria 165 cm dan wanita 160 cm, belum menikah dan putra-putri Pasaman serta belum pernah menjadi pemenang uda uni sebelumnya,” kata Ricky Riswandi.

Selain itu, calon peserta uda uni tersebut harus melampirkan sejumlah dokumen lainnya, seperti curriculum vitae, photo copy KTP, ijazah terakhir, sertifikat atau piagam penghargaan prestasi di berbagai bidang, menyertakan surat izin orang tua dan pas photo.

“Selain itu, surat pernyataan belum menikah dan tidak akan menikah selama satu tahun sampai pemilihan berikutnya jika terpilih menjadi pemenang dari orang tua atau wali,” katanya.

Adapun kriteria penilaian, kata Ricky, yaitu kemampuan bahasa, baik bahasa Indonesia, bahasa Asing dan bahasa Daerah (Minang).

“Kredit poin tertinggi terletak pada kemampuan berbahasa Indonesia, baru diikuti oleh bahasa asing dan bahasa daerah,” jelasnya.

Dalam pemilihan uda uni tersebut, wawasan, kecantikan, postur tubuh, kharisma, kecakapan pribadi, bermasyarakat, disiplin dan pola tingkah laku peserta akan menjadi indikator penentu dalam peniliaian oleh tim dewan juri.

“Kita menyebutnya 3B, yaitu Brain, Beauty dan Behaviour. Cantik saja tidak cukup, jika wawasan dan pengetahuannya kurang. Demikian pula dengan kecakapan dan tingkah lakunya. Jadi, semua indikator itu harus terpenuhi,” aebutnya.
Sebelum malam grand final uda uni wisata dilaksanakan para peserta akan dikarantina terlebih dahulu. Selama proses karantina tersebut peserta harus patuh dan tunduk pada sejumlah aturan yang dibuat oleh panitia pelaksana.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY