Pemerintah RI Hibahkan Rp. 16 Miliar Untuk Pembangunan Indonesia Islamic Centre di Afghanistan

123

Metropadang.com : Pemerintah RI memberikan hibah sebesar Rp. 16 Miliar dalam rangka pembangunan Indonesia Islamic Centre (IIC) di Kota Kabul, Afghanistan. Hal itu diungkapkan dalam pernyataan yang dirilis Sektretariat Kabinet RI di laman Setkab.go.id, Jumat, (25/8/2017).

Dengan pertimbangan sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 untuk ikut menciptakan perdamaian dunia, dan dalam rangka memperkuat hubungan persahabatan kedua negara. Indonesia ikut serta membantu proses rekonsiliasi Afghanistan.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 21 Agustus 2017, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 24 Tahun 2017 tentang Hibah Pemerintah Dalam Rangka Pembangunan Indonesia Islamic Centre di Ahmad Shah Baba Mina, Kabul, Afghanistan.

“Menetapkan hibah Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Republik Islam Afghanistan sebesar Rp16.176.873.000,00 (enam belas miliar seratus tujuh puluh enam juta delapan ratus tujuh puluh tiga ribu rupiah),” bunyi diktum KESATU Keppres tersebut.

Hibah sebagaimana dimaksud, menurut Keppres ini, digunakan untuk membiayai pembangunan Indonesia Islamic Centre yang mencakup klinik kesehatan dan pusat pengkajian keislaman di Ahmad Shah Baba Mina, Kabul, Afghanistan.

Keppres ini menegaskan, hibah sebagaimana dimaksud berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan dilakukan secara akuntabel, serta sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku di Indonesia dan Afghanistan.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi diktum KEEMPAT Keputusan Presiden Nomor: 24 Tahun 2017 itu. (DH/MTD)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

7 + 1 =