Nilai Padang Menginspirasi, Dinas Kominfo Blitar Kunjungi Dinas Kominfo Padang

258

Metro Padang.com  – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Suardi mewakili Wali Kota Padang menerima kunjungan kerja Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Jumat (8/3/2019).

Rombongan yang berjumlah 34 orang tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto dan didampingi Sekretarisnya Sri Wahyuni.

Eko menyampaikan maksud kedatangannya beserta jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Blitar dan perwakilan dari Universitas Brawijaya Malang adalah untuk melihat secara dekat pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang telah diimplementasikan oleh Pemerintah Kota Padang.

“Kota Padang menjadi salah satu inspirasi bagi kami dalam beberapa inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Kami ingin melihat bagaimana media center, command center dan data center diterapkan, terkait dengan fungsi, regulasi dan tata kelolanya”, tutur Eko.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi tidak kalah hangat menyambut rombongan dan memaparkan ringkas mengenai beberapa kegiatan Dinas Kominfo Kota Padang dan prestasi yang pernah diraih.

“Dalam penyampaian informasi, Dinas Kominfo Padang sangat terbantu dengan adanya media center yang rutin diadakan setiap minggunya pada hari Rabu. Kegiatan di media center menghadirkan narusumber langsung dari Kepala OPD dan BUMD di Kota Padang, serta mengundang rekan-rekan media. Dengan demikian, informasi yang disampaikan adalah informasi yang cepat, tepat dan akurat. Karena itu pula pada tahun 2018 media center Kota Padang diganjar Penghargaan Terbaik II media center teraktif dari Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI”, jelas Suardi yang didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Padang, Tarmizi Ismail.

“Di samping itu penyebarluasan informasi juga didukung mobil siaran keliling dan media kesenian tradisional. Mobil siaran keliling saat ini berjumlah 1 unit dan pada tahun ini akan ditambah 2 unit lagi. Sedangkan untuk media kesenian tradisional, Wali Kota telah melantik 27 kelompok media tradisional”, imbuh Suardi.

“Sebagai informasi, grup kesenian tradisional binaan Dinas Kominfo Kota Padang berhasil meraih Peringkat Terbaik I media tradisonal dalam ajang Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2017 di Palembang dan Terbaik II pada SAIK 2018 di Tangerang”, tuturnya lagi.

Suardi juga mengatakan, untuk percepatan pelayanan publik Pemko Padang tahun ini sudah akan menggunakan tanda tangan digital bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan diutamakan untuk pelayanan dokumen kependudukan, kesehatan, perizinan dan keuangan.

“Tidak kalah pentingnya untuk sistem informasi e-planning dan e-budgetting juga sudah terintegrasi dengan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kominfo Padang. Satu lagi aplikasi yang sedang dikembangkan saat ini yaitu Padang Smart Report yang memudahkan warga kota untuk melaporan segala ketidaknyamanan yang mereka alami terkait pelayanan publik oleh Pemko Padang. Aplikasi ini telah dapat diunduh via Playstore”, pungkas Suardi.

Pertemuan ditutup dengan saling bertukar cenderamata, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke media center, command center dan data center Kota Padang (BT/RM)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY