Nikmati Wisata Alam Danau Kelimutu Di Pulau Flores

691

Metro Padang.com – Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi tepatnya desa gunung Pemo ini, Kecamatan Kelimutu, Ende.

Danau Kelimutu masuk dalam Taman Nasional Kelimutu, taman nasional terkecil dari enam taman nasional yang ada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Pemandangan ini berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terdiri dari tiga ‘genangan air’ atau kawah dengan warna berbeda.

Selain dikenal sebagai Danau Kelimutu, tempat wisata ini juga dikenal dengan Danau Tiga Warna. Fenomena alam yang menakjubkan karena tiga kawah, berjarak dekat, tetapi memiliki warna air yang berbeda. Warna air danau umumnya merah, putih dan biru, tetapi dapat berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya. Menariknya, ketika para peneliti mencoba mengambilnya sebagai sampel air danau, airnya jernih tanpa warna.

Tiga danau dipisahkan oleh tebing tebing yang curam, sehingga wisatawan diharapkan menjaga jarak aman saat berada di sekitar danau. Waktu yang baik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah antara bulan Juni hingga Agustus karena hujan cenderung tidak turun sehingga sawah yang harus dilewati aman dihitung.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY