Metro Padang.com-Burung yang sering membentuk koloni dengan jumlah besar ini memiliki sayap yang indah dengan perpaduan warna kebiruan atau abu-abu, dengan kombinasi kehijauan dan kuning-tembaga.
Merpati Nicobar juga kerap dipanggil dengan sebutan junai mas, burung mas, minata, atau burung rawis. Burung dengan bulu cantik ini sering menghabiskan waktu di lantai hutan untuk mencari makanan.
Burung cantik yang kini terancam punah ini jumlahnya semakin menipis akibat perburuan, pengurangan habitatnya yang merupakan hutan, serta banyaknya predator.
Merpati ini memiliki bentuk fisik dan warna yang menarik seperti bulu pada bagian leher dan sayap memanjang, sedangkan bulu ekor cenderung pendek. Paruhnya berwarna hitam dengan benjolan pada bagian atas. Iris berwarna coklat.
Kaki panjang berwarna merah keunguan gelap. Warna bulu pada burung remaja lebih kusam dengan bulu ekor hitam atau hijau-tua dan tanpa bulu tengkuk yang panjang.Burung cantik ini aktif pada sore hari dan beristirahat di waktu siang.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY