Mahyeldi: Sepak Rago, Tradisi Minangkabau Yang Harus Dilestarikan

203

Metro Padang.com – Sepak Rago bukan sekedar olahraga biasa, melainkan memiliki nilai dan filosofi kehidupan. Terlihat dari bola yang dimainkan memiliki dua bola pada sisi luar dan bagian dalamnya. Ini menggambarkan manusia yang memiliki fisik (lahir) dan batin (jiwa).

Hal ini disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi saat membuka pertandingan Sepak Rago se-Kota Padang yang diadakan Pemuda Surau Saus Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kamis, (03/01/2019).

Ia menambah, melalui olahraga Sepak Rago dapat membangun hubungan fisik dan jiwa sesama manusia. Dengan adanya jembatan fisik dan jiwa itu dapat membangun hubungan silaturahmi yang kuat.

“Modal inilah yang nanti kita bawa untuk membangun bangsa kedepan menjadi bangsa yang besar dan kuat,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi menegaskan, Sepak Rago merupakan olahraga orang Padang, yang mana Sepak Rago dimainkan dengan langkah-langkah silat. “Ini adalah salah satu kesenian khas Minangkabau yang harus dilestarikan agar tidak tertinggal,” terangnya.

Mahyeldi juga mengungkapkan, saat ini telah dibentuk kepengurusan Sepak Rago untuk tingkat Kota Padang. Dengan adanya kepengurusan tersebut dapat mendorong Sepak Rago berkembang menjadi cabang olahraga resmi di Indonesia nantinya.

“Kita sudah bentuk ketua Sepak Rago Kota Padang, tinggal lagi pembuatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), mudah-mudahan ini cepat selesai. Dan organisasi ini dapat berjalan dengan baik kedepannya,” jelasnya.

Ketua Sepak Rago Kota Padang, Yuliandra Satria Rahman mengatakan, ada sekitar 20 sampai 30 tim yang ikut ambil bagian dalam perlombaan tersebut. “Perlombaan ini kami laksanakan dari sekarang dan berkahir nati pada Sabtu,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemenang pada perlombaan Sepak Rago akan mendapatkan hadiah. Juara I sebesar Rp. 2.000.000 (Dua Juta Rupiah), Juara II Rp. 1.500.000 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan Juara III sebesar Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah). “Melalui pertandingan Sepak Rago ini dapat meningkatkan tali silaturahmi antar pemuda se-Kota Padang,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0312 Padang Letkol (Czi) Reilman N Yudha Tri Ananda, Danramil 06/Koto Tangah, Kapten Inf. Setianis. (ML/Fsl/Ady)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY