Jadikan Masyarakat Sumbar Sehat mulai dari Hal Terkecil

16

 

  11 Maret 2018   

Metro Padang.com – “Hidup sehat itu harus mulai dari kita” hal ini yang tak henti – hentinya Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat dr Merry Yuliesday, Mars ungkapkan .
Agar masyarakat Sumatera Barat harus Sehat, menjaga kesehatan itu tidak sulit . Penyakit itu timbul disebabkan kurang memperhatikan pola makanan , apabila pola makanan kita sehat maka akan terhindar dari penyakit.

Kata dr Merry Yuliesday, Mars dimana hidup sehat itu harus dimulai dari kita, dalam kehidupan sehari hari harus ada pertanyaan “ sehat kah saya, sehat kah apa kita makan, semuanya harus dimulai dari diri sendiri, bagaimana kita mau menyeruhkan pada orang lain atau masyarakat sedangkan diri sendiri tidak sehat.

Dikatakan Merry untuk sehat itu tidak susah namun membiasakan pola hidup sehat yang sulit bagi masyarakat, apalagi masyarakat Sumatera Barat yang senang sekali memakan daging, bahan makanan yang berlemak begitu juga suka memasak memakai santan dan kurang mengkomsi sayur dan buah sehingga sangat rentan mengalami penyakit jantung , hipertensi, kolestrol, diabetes dan kanker usus .

Sehat itu mahal mengapa demikian apabila kita sudah sakit dari segi biaya pengobatan cukup mahal, untuk itu mari ditingkatkan pola hidup sehat dengan memperhatikan makanan yang akan dimakan apakah itu sehat atau tidak.
Untuk menjadikan masyarakat sehat Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry selalu menggerakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan program Kementerian Kesehatan RI turut memberikan peran terhadap masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, terjauh, dan tertinggal di Sumatera Barat

Merry Yuliesday mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumbar terus berupaya menciptakan hidup sehat bagi masyarakat. Terutama, didaerah terpencil, terjauh, dan tertinggal seperti Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan.
Dikatakan Merry melalui GERMAS Pemprov Sumbar bisa melakukan monitoring ke daerah yang di terpencil, terjauh, dan tertinggal tersebut. Dinkes sendiri akan memprioritaskan daerah tertinggal dalam mewujudkan hidup sehat. Untuk itu, kepada Dinas Kesehatan di kabupaten dan kota bahkan hingga Puskesmas, bisa melakukan monitoring terhadap kesehatan masyarakat di daerah terpencil, terjauh, dan tertinggal.

“Kadis Kesehatan Sumbar  mengharapkan agar masyarakat dapat menjalankan prilaku hidup sehat dan bersih, mengingat rentannya jenis penyakit yang dapat menjangkiti masyarakat,” .
Menurut Merry, untuk mencapai daerah-daerah terpencil, terjauh, dan tertinggal itu, bisa dibantu oleh tiap-tiap Puskemas, karena Puskesmas berada di setiap kecamatan yang ada di setiap kabupaten dan kota. Untuk itu ia meminta kepada Dinas Kesehatan di masing-masing daerah kabupaten dan kota, agar bersama-sama turun ke lapangan untuk menciptakan hidup bersih .(tis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY