Debat Capres Putaran Kedua 17 Februari 2019: Prabowo Akui Kuasai Lahan HGU

739
sponsor

Metro Padang.com – Debat putaran kedua diharapkan berlangsung sungguh-sungguh seperti debat yang diharapkan. Jika kedua kandidat capres tampil “lembek” saat debat, ada sejumlah dampak yang bisa terjadi.

Akankah Jokowi dan Prabowo tampil garang? Saksikan siaran langsungnya di sejumlah saluran televisi atau melalui siaran streaming di Youtube.

Menjelang debat capres putaran kedua, Minggu malam, 17 Februari 2019 kubu Jokowi dan Prabowo terus melakukan persiapan. Sementara itu, terkait kasus Petral, Teten Masduki menantang Sudirman Said mengungkap hasil audit ke hadapan publik.

Isu Petral disebut-sebut pengamat akan menjadi salah satu “jualan” calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alaias Jokowi pada debat capres putaran kedua.

Di sisi lain, debat antara kedua calon presiden ini disebut-sebut sebagai tarung bebas, salah satunya karena kedua kubu tidak lagi mendapatkan kisi-kisi pertanyaan seperti pada debat putaran pertama.

Debat capres putaran kedua berdasarkan jadwal akan dimulai pukul 20.00 WIB di Hotel Sultan, Jakarta.

00:04 WIB
Usai Debat Jokowi-Prabowo Saling Memuji
Calon Presiden nomor urut 01 dan 02 Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling memberikan pujian usai Debat Capres II yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan Minggu (17/2/2019) malam.

Meskipun terjadi adu argumen saat Debat Pilpres, Jokowi maupun Prabowo ternyata saling memberikan pujian setelah acara tersebut selesai dilaksanakan.

“Oh dia [Prabowo] sangat bagus. Beliau sangat bagus,” kata Jokowi di area parkir VVIP Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Senada dengan Jokowi, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto juga memberikan pujian kepada lawan politiknya tersebut.

“Bagus ya. Debat harus begitu, debat harus baik. Saya kira oke lah,” ujar Prabowo.

22:18 WIB
Prabowo akui kuasai tanah HGU, daripada dikuasai asing
Prabowo menyatakan dirinya memiliki strategi tersendiri, terutama terkait mengatasi ketimpangan. Terkait kepemilikan tanah seperti disebutkan Jokowi pada sesi debat sebelumnya, Prabowo mengakuinya.

“Tapi itu HGU (hak guna usaha), kalau suatu saat diperlukan negara silakan ambil,” ujar Prabowo. Tapi, lanjut Prabowo, daripada dikuasai asing, lebih baik lahan itu dikuasai oleh dirinya.

22:14 WIB
Jokowi sebutkan soal Petral dan Tidak Takut Hadapi Siapa pun
Jokowi menyatakan dirinya tidak akan takut melakukan apa pun untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Jokowi menyatakan akan mencurahkan segala apa pun termasuk kekuasaan yang dimiliki untuk kemajuan bangsa. Jokowi juga menyebut soal penutupan Petral, pengambilalihan blok rokan untuk kepentingan bangasa.

22:12 WIB
Pernyataan penutup: Jokowi dapat kesempatan pertama
Sesi penutup capres mendapat kesempatan memberikan kata penutup dan menyampaikan mengapa masing-masing capres layak dipilih.

Jokowi mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan kata penutup.

22:03 WIB
Prabowo lompat ke disparitas, khawatir uang kita lari ke luar negeri
Prabowo tiba tiba melompat ke soal disparitas ekonomi. Ia menyatakan dengan kehadiran unicorn besar, internet, e-commerce, ia khawatir uang di Indonesia mempercepat lari ke luar negeri.

“Ini bukan saya pesimistis,” ujar Prabowo.

22:01 WIB
Jokowi sebut 4 dari 7 unicorn di Asia ada di Indonesia
Jokowi menjelaskan dari 7 unicorn di Asia, 4 di antaranya ada di Indonesia. Jokowi menyebut soal rencana pengembangan unicorn-unicorn lain dengan melakukan inkubasi dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di dunia.

21:59 WIB
Jokowi tanya soal infrastruktur yang akan dibangun Prabowo untuk dukung Unicorn
Prabowo sempat terkesan meraba-raba soal unicorn yang dimaksud Jokowi. “Maksudnya yang online-online,” ujar Prabowo yang dijawab Jokowi dengan anggukan.

Prabowo menyebutkan sangat mendukung soal dorongan untuk unicorn, tapi Prabowo tidak menjawab apa yang akan dilakukan.

21:57 WIB
Jokowi soal stabilitas stok dan harga
Menanggapi Prabowo, Jokowi menyebutkan pentingnya menjaga stabilitas stok dan stabilitas harga. Kalau mau menyenangkan satu sisi bisa saja pemerintah meningkatkan harga gabah tapi hal itu juga akan berdampak kepada masyarakat.

Jokowi menyebutkan pembangunan bendungan yang hingga saat ini belum mencukupi. Jokowi menyebut strategi besar, jangka pendek dan jangka panjang terkait hal ini.

21:54 WIB
Prabowo gugat Jokowi, mengapa harus impor
Prabowo menggugat mengapa pemerintah mengimpor kalau stok sudah banyak. Prabiwi menyebutkan mestinya devisa yang ada digunakan untuk keperluan yang lain.

Prabowo juga meminta Jokowi mengecek apa yang terjadi.

21:53 WIB
Jokowi jawab impor menurun, produksi beras meningkat
Jokowi menyebutkan soal impor jagung yang menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya, Produksi beras disebut Jokowi sekarang lebih tinggi dari saat Indonesia swasembada beras, Impor beras dilakukan untuk menjaga stok.

21:51 WIB
Prabowo tanya janji Jokowi tidak impor
Prabowo mempertanyakan janji Jokowi tidak impor tapi ternyata melakukan impor yang memukul para petani.

21:49 WIB
Debat Inspiratif, Capres Saling Bertanya dan Menanggapi
Sesi ini masing masing capres mendapat kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. Prabowo mendapat kesempatan pertama bertanya kepada Jokowi.

21:44 WIB
Prabowo anggap debat selesai, tapi sempat sebut pengelolaan pelabuhan oleh asing
Pada sesi ini Prabowo kembali menyatakan bahwa debat sudah cukup. Namun setelah Jokowi memberikan tanggapan, Prabowo mengingatkan soal pengelolaan pelabuhan oleh pihak asing. Namun, perdebatan tidak berlanjut karena waktu sudah habis.

21:42 WIB
Jokowi pastikan selalu melakukan pengecekan
Jokowi mengakui bahwa laporan ada yang baik baik saja dan ada yang tidak baik. Meski begitu Jokowi memastikan bahwa dirinya selalu melakukan pengecekan. Dia mencontohkan soal nelayan di Tambak Lorok dan microfinancing yang dibutuhkan untuk nelayan kecil.

Jokowi juga menyebutkan bahwa tugas pemimpin adalah memastikan bahwa semuanya bisa berjalan baik.

21:41 WIB
Prabowo sebut Jokowi lebih banyak terima laporan yang baik baik saja
Prabowo menyebutkan bahwa Jokowi lebih banyak menerima laporan yang baik baik saja. Ia menyebutkan hal itu biasa terjadi di Indonesia.

21:37 WIB
BUMN Perindo untuk nelayan kecil
Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah punya Perindo, perikanan Indonesia, yang menangani nelayan miskin. Soal perizinan, nelayan dengan kapal di bawah 30 GT tidak perlu izin.

21:36 WIB
Akses nelayan kecil
Prabowo menyoroti akses alat, teknologi, modal dan prasarana nelayan kecil. Prabowo ingin memberdayakan nelayan kecil. Prabowo juga menyebutkan soal BUMN untuk memperhatikan nelayan kecil

21:34 WIB
Jokowi sebut laut masa depan Indonesia
Terkait sumber daya alam Jokowi menyebutkan bahwa laut adalah masa depan Indonesia, Jokowi menyebut soal 7000 kapal asing yang sudah dikejar dan ditenggelamkan. Tinggal masyarakat memanfaatkan kondisi yang ada. Jokowi juga menyebut soal offshore yang belum dimanfaatkan dan bisa diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Konektivitas pelabuhan, tol laut dinilai Jokowi perlu terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

21:32 WIB
Prabowo nyatakan debat soal tambang cukup
Menanggapi Jokowi, Prabowo menyatakan perdebatan sudah cukup. “Kalau tidak ada perbedaan untuk apa dipanjang-panjangkan lagi, jadi jangan diadu-adu. Saya pikir soal ini kita sependapat,” ujar Prabowo.

Jokowi pun menyatakan setuju.

Prabowo tampak tertawa, Jokowi tersenyum.

21:30 WIB
Jokowi sebut pengawasan yang serius
Jokowi menyebutkan pengawasan yang sungguh sungguh membuktikan lubang tambang bisa dihutankan kembali. Jokowi mencontohkan soal lubang tambang di bekas galian milik Bukit Asam. Jokowi memastikan pengawasan yang ketat masalah yang ada bisa diselesaikan.

Jokowi menyebutkan ini bukan pekerjaan mudah tapi dengan kesungguhan pemerintah pusat dan daerah semua bisa dilakukan.

21:27 WIB
Prabowo soal masalah sosial ekonomi terkait lubang tambang yang belum ditangani
Prabowo menyebut seolah olah negara telah dikooptasi oleh perusahaan swasta. Prabowo menyebut hal itu sebagai kolusi pejabat dengan pengusaha-pengusaha besar. Prabowo hargai apa yang sudah dilakukan pemerintah dan menyebutkan pemerintahan manapun mewarisi masalah tersebut.

Prabowo menyebut pemerintah manapun perlu mengejar tapi dia menyebutkan banyak pengusaha besar yang sudah meninggalkan Indonesia sambil meninggalkan kondisi lingkungan yang terbengkalai.

21:24 WIB
Sesi Empat Debat Eksploratif tanpa batas waktu
Sesi empat dimulai, para capres akan berdebat secara eksploratif tanpa batasan waktu. Tapi, masing-masing capres tidak boleh memotong pembicaraan capres lain saat berpendapat. Moderator akan mengatur lalu lintas debat.

21:16 WIB
Jokowi mulai menyerang, sebut lahan milik Prabowo
Terkait pembagian lahan, Jokowi menyebutkan lahan yang dimiliki Prabowo di dua provinsi berbeda. Jokowi menegaskan, di masa pemerintahannya pembagian lahan semacam itu tidak terjadi.

Saat menyampaikan hal ini, Jokowi mendapat dua kali interupsi dari moderator dengan mengatakan “maaf” dan “mohon maaf” sebagai penanda.

21:13 WIB
Prabowo sampaikan pendekatan berbeda
Prabowo menyebut langkah Jokowi hanya populer di jangka pendek, tapi di jangka panjang dengan pertumbuhan penduduk maka tidak ada lagi yang bisa dibagikan. Prabowo menyampaikan strategi yang ditawarkan dengan menyebutkan pasal 33 UUD RI, namun penjelasan Prabowo belum selesai karena waktunya sudah habis.

21:11 WIB
Reformasi Agraria, Jokowi sebutkan sejumlah langkah
Kebagian pertanyaan soal reforma agraria, Jokowi menyebutkan antara lain soal pembagian sertifikat untuk rakyat dan konsesi lahan untuk warga.

Konsesi diiringi pendampingan agar lahan menjadi produktif, sedangkan sertifikat dimaksudkan untuk memberikan hak hukum kepada masyarakat.

21:09 WIB
Prabowo setuju, tapi….
Prabowo kembali memberikan pernyataan dukungan atas apa yang sudah dilakukan pemerintah, tapi ia juga menyebutkan ada pelanggaran yang nilainya di atas dari apa yang disampaikan Jokowi.

21:08 WIB
Jokowi sebutkan pemerintah sudah bertindak tegas
Menanggapi Prabowo, Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah sudah bertindak tegas. Jokowi mencontohkan apa yang sudah dilakukan terkait penegakan hukum.

Pemerintah juga sudah melakukan gerakan pembersihan sungai Citarum.

21:06 WIB
Prabowo janji tegakkan hukum lingkungan
Jika terpilih menjadi Presiden RI, Prabowo berjanji akan menegakkan hukum terkait lingkungan dan tidak akan kongkalikong dengan pengusaha.

Prabowo juga akan memisahlan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menegakkan hukum. Prabowo juga menyinggung soal AMDAL yang ethok-ethok atau pura-pura.

21:03 WIB
Sesi Ketiga Capres Boleh Eksplor Panggung
Sesi ketiga dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup, para capres dipersilakan mengeksplorasi panggung. Sementara itu moderator Tommy Cokro mengingatkan agar penonton tertib.

Capres ditanya soal strategi mengatasi lingkungan hidup,

20:56 WIB
Prabowo dukung Jokowi
Pada sesi ini Prabowo menyatakan dukungannya kepada Jokowi. Prabowo menyebutkan kalau memang baik maka ia akan mendukung. Untuk kebaikan, saya dukung, begitu kurang lebih Prabowo menyatakan dan menjadi penutup debab sesi kedua soal pangan dan energi.

20:55 WIB
B20 Sudah Rampung, Jokowi sebut Indonesia menuju B100
Jokowi menyebutkan produksi sawit sekarang sudah di angka 46 juta ton per tahun. Selain itu, B20 sudah selesai dan Indonesia sudah menuju B100 sehingga Indonesia bisa menyerap sawit.

20:51 WIB
Strategi Tata Kelola Sawit: Ini Jawaban Prabowo
Ditanya soal strategi pengelolaan sawit, B20 dan langkah terkait, Prabowo menyebut Brasil sudah bisa B90. “Saya bukan pesimis Pak, tapi sangat optimis,” ujar Prabowo.

Prabowo menyebutkan optimistis bisa meningkatkan harga sawit, dan menyebutkan pentingnya meningkatkan PIR dengan plasma lebih banyak mendapat manfaat dari inti. Prabowo menyebut angka 80:20.

20:49 WIB
Prabowo bicara soal membela petani
Mengomentari Jokowi, Prabowo memasalahkan kemampuan Indonesia membela petani dan menyediakan pangan sendiri tanpa impor.

20:45 WIB
Strategi menghadapi revolusi industri 4.0. Ini Kata Jokowi
Jokowi menyebut revolusi industri 4.0 semua keluar dengan sangat cepat. Ia meyakini dengan percepatan pembangunan SDM Jokowi yakin kita bisa mempersiapkan masyarakat. Jokowi mencontohkan langlah mengenalkan marketplace kepada petani, kegiatan offline dan online kepada UMKM agar Indonesia tidak tertinggal.

20:42 WIB
Jokowi sebut ada yang tidak diperhatikan soal pembangunan infrastruktur
Jokowi menyebutkan bahwa di awal dia sudah menyebutkan soal pembangunan infrastruktur untuk rakyat. Jokowi menyebutkan hal-hal seperti itu sering tidak dilihat oleh banyak orang.

20:40 WIB
Prabowo sebut Infrastruktur Bukan Jadi Beban untuk rakyat
Prabowo menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur untuk rakyat dengan ganti rugi yang tidak merugikan rakyat. Prabowo menyebutkan jangan sampai pembangunan infrastruktur jadi beban rakyat karena utang.

20:37 WIB
Jokowi Bantah Tanpa Feasibility Study
Jokowi membantah pembangunan tanpa feasibility study. Jokowi menyebutkan semuanya ada FS. Tentang pembangunan Bandara Kertajati yang dikritik Prabowo, Jokowi menyebutkan saat ini tinggal pembangunan jalan tol untuk menghubungkan ke Kertajati.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY