Cinta alam TNI ajak pramuka membersihkan lingkungan.

569
sponsor

Metro Padang.com – Kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Personel satuan tugas pengaman perbatasan Yonif Raider 408/Sbh tidak hanya dalam bentuk anjangsana ,komsos dan kegiatan sosial saja, akan tetapi juga melakukan karya bhakti berupa menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan.

Menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah atau relawan atau pecinta lingungan lingkungan semata. Tetapi tanggung jawab kita semua, termasuk generasi muda. Dalam rangka memupuk semangat generasi muda agar terus berpartisipasi aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, sungguh baik bila ada program yang melibatkan sekolah-sekolah agar lebih peduli dan berbudaya lingkungan.

Seperti yang dilakukan Personel satuan tugas pengaman perbatasan Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras yang dipimpin oleh Lettu Inf Doni Hidayat  mengajak siswa siswi SD Khatolik Henes Dusun. Purkou Desa. Henes Kec. Lamaknen Selatan Kab Belu untuk melaksanakan kegiatan karya bhakti berupa menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan.

kegiatan karya bhakti berupa menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan dilaksanakan diluar jam pelajaran yaitu  saat ekstrakulikuler pramuka yang di ikuti kelas IV,V dan VI yang berjumlah 52 orang dengan tujuan agar para siswa siswi SD Khatolik Henes menanamkan budaya bersih dan cinta tanah air dengan cara menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan sekitar sekolahanya.

Salah satu Personel satuan tugas pengaman perbatasan Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras Praka indra dengan tulus ikhlas mengajari siswa siswi SD Khatolik Henes cara merawat dan menjaga tumbuhan serta mencabut tanaman liar yang menggangu tumbuhan. Di sela-sela membersihkan lingkungan praka indra juga menjelaskan arti cinta tanah air kepada siswa-siswi SD Khatolik Henes.

Danpos Lakmaras Lettu Inf Doni Hidayat mengatakan kegiatan karya bhakti yang dilakukannya bersama siswa siswi SD Khatolik Henes adalah upaya untuk menanamkan budaya bersih dan melatih siswa siswi untuk merawat dan menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Generasi muda sudah selayaknya berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. Banyak aksi nyata yang bisa mereka lakukan, mulai dari penerapan pengelolaan sampah atau penanaman pohon. Generasi muda mesti peka terhadap kondisi lingkungan dan mampu memberikan solusinya. Menggerakkan cinta lingkungan lewat sekolah tidak hanya akan melahirkan generasi-generasi yang cinta dan bela lingkungan, tetapi juga sekaligus mewujudkan sekolah yang bersih, teduh, efisien dalam penggunaan sumber daya.

Para siswa siswi SD Khatolik Henes sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pramuka berupa Menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan. Anis kelas V sangat senang mengikuti kegiatan pramuka bersama Personel satuan tugas pengaman perbatasan Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras berupa Menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan .setelah mendapatkan ilmu dari bapak-bapak TNI Anis akan menerapkan Menjaga,merawat dan membersihkan lingkungan dilingkungan rumahnya.

LEAVE A REPLY