BPBD Sumatera Barat Bangun posko bencana di kawasan wisata laut

531

Metro Padang.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), membangun posko bencana di kawasan objek wisata pulau. Hal ini untuk memberikan kenyamanan pengunjung yang ingin menikmati keindahan laut. Jika terjadi bencana, pengunjung akan berkumpul di posko. Setelah itu kami evakuasi menggunakan kapal cepat.

“Posko bencana ini cara kami memberikan kenyamanan kepada pengunjung pulau, terutama saat terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan,” kata Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman, Sabtu, Februari 2020. Salah satu posko pelayanan penanggulangan bencana dibangun di Pulau Pagang, Kabupaten Pesisir Selatan. Pengunjung bisa mengetahui informasi kebencanaan dan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana di laut.

“Jika terjadi bencana, pengunjung akan berkumpul di posko. Setelah itu kami evakuasi menggunakan kapal cepat bantuan dari BNPB,” katanya. Untuk mempercepat informasi, posko itu juga terhubung langsung dengan pusat pengendali operasi (pusdalops) BPBD Sumbar. Pada hari tertentu, pihaknya juga menyediakan petugas yang siaga di posko tersebut. Sementara itu, pengelola Pulau Pagang, Heru mengaku sangat terbantu dengan posko bencana BPBD. Menurutnya, saat situasi darurat di pulau bisa disampaikan langsung ke BPBD provinsi. “Posko ini pasti akan memberikan rasa aman kepada pengunjung,” tuturnya.(red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY