MetroPadang.com-Bantu perangi Covid-19, Zhang Yiming CEO & Founder ByteDance, perusahaan di balik aplikasi berbagi video TikTok (Douyin), menyumbang USD10 juta kepada Yayasan Bill & Melinda Gates yang sedang kembangkan vaksin Covid-19.

Selasa (12/5/2020), Zhang Yiming saat ini memiliki seperempat saham ByteDance. Total kekayaan pria berusia 36 tahun itu diperkirakan mencapai 16,2 miliar dolar AS.

“Saat bertemu Bill Gates beberapa kali, dia (Zhang) tak terlalu mengenalnya, namun sangat respek dengan aksi filantropi yang dilakukan oleh Bill dan Melinda Gates. Dia terinspirasi melihat mereka memberikan timbal balik kepada masyarakat,” ungkap Juru bicara Zhang, pada Selasa (12/5/2020).

Sekadar informasi, sebelumnya Mark Zuckerberg hingga Madonna ikut terlibat dalam pendanaan proyek Covid-19 Therapeutics Accelerator yang didanai Bill & Melinda Foundation.

Yayasan Bill & Melinda Gates, Wellcome Trust, dan Mastercard telah mengucurkan dana awal USD125 juta pada Maret 2020 untuk meluncurkan Proyek Accelerator. Kemudian, pada awal April, Mark Zuckerberg dan Prsicilla Chan menyumbang USD25 juta kepada proyek tersebut.

Proyek tersebut juga melibatkan WHO, peneliti, agen pemerintah, swasta, dan regulator global. Proyek Accelerator memiliki misi utama untuk mengatur riset, menuntaskan hambatan dalam pengembangan obat, dan mempercepat penangangan virus corona dengan skema pendanaan yang cepat dan fleksibel.

“Apa yang dilakukan lembaga filantropi, pemerintah, dan swasta, termasuk individu seperti Zhang Yiming telah menunjukkan bahwa donatur memahami betul kolaborasi bersama menjadi kunci mengembangkan obat yang efektif untuk melawan pandemi ini. Sampai kita menemukan vaksin, tes massal, isolasi, dan perawatan adalah pilihan terbaik kita,” jelas Trevor Mundel, Presiden Divisi Kesehatan Global dari Gates Foundation. (MP)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY