73 Anggota BPD Wilayah Sipora Dilantik Sekda Mentawai

1188

Metro Padang.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Mentawai lantik sebanyak 73 Anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) masa periode 2019-2025 di Aula Kecamatan Sipora Selatan, Senin (24/6).

Sekda Mentawai, Martinus Dahlan menyebutkan, pelantikan BPD ini di laksanakan secara serentak di tiga pulau besar dengan jumlah sebanyak 200 anggota BPD yang tersebar di 43 Desa Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Untuk wilayah sipora sendiri, kata Martinus ada dua kecamatan yaitu Sipora Utara terbagi 5 Desa anggota BPD berjumlah sebanyak 31 orang, sedangkan Sipora Selatan jumlah 7 Desa 42 anggota BPD total keseluruhan sebanyak 73 orang.

Sementara untuk kepulauan Siberut terdapat 5 kecamatan yakni kecamatan Siberut utara, Siberut barat, Siberut barat daya, Siberut tengah, Siberut selatan. Sedangkan untuk kepulauan Pagai terdapat 3 kecamatan yaitu kecamatan Pagai utara, Sikakap dan Pagai selatan.

Sesuai intruksi Bupati Mentawai pelantikan BPD ini di laksanakan secara serentak di tiga pulau besar dengan pembagian tugas yaitu, Pulau Siberut Bupati Mentawai, Pulau Pagai Wakil Bupati Mentawai dan Pulau Sipora Sekda Mentawai, ucap Martinus.

Dalam arahannya, Martinus menghimbau kepada BPD agar mulai bergerak dan bermusyawarah mengenai program dan anggaran desa. Apabila ada masalah selesaikan cepat di tingkat desa, ujarnya.

Ia menegaskan kepala Desa dan BPD tidak bisa berjalan sendiri-sendiri harus bersinergi untuk membangun desa sesuai aturan dan fungsi masing-masing.

“Mengelola anggaran desa, jangan seolah-olah uang itu milik kita. Itu uang Negara, tentu punya prosedur dalam pengelolahannya” Ketus Martinus.

Disini lah peran penting BPD untuk menyelaraskan program kegiatan dan pengawasan terhadap dana desa, sehingga anggaran yang di kelola terealisasi dengan baik dan dapat di pertanggung jawabkan, ungkap Martinus (Eriansyah).

Hits: 8

BAGIKAN

LEAVE A REPLY