Master Plan Pembangunan Kawasan Wisata Sungai Pisang Dimatangkan

79

Metro Padang.com  – Pemko Padang terus mengembangan kawasan wisata Sungai Pisang Kelurahan Teluk Kabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Sebagai gerbang wisata Mandeh Pesisir Selatan, kawasan Sungai Pisang juga memiliki potensi wisata pulau dan wisata budaya yang tak kalah indahnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi saat dengar pendapat dengan ninik mamak dan masyarakat Sungai Pisang tentang pengembangan pembangunan kawasan wisata di Aula Pertemuan Ninik Mamak Sungai Pisang, Minggu (10/03/2019), mengatakan, pengembangan kawasan wisata memerlukan keikutsertaan dan keterlibatan masyarakat secara aktif untuk mendukung terciptanya kawasan wisata.

“Kehadiran kita disini untuk dengar pendapat dengan ninik mamak dan masyarakat tentang rencana pengembangan pembangun kawasan wisata Sungai Pisang”, ujar Mahyeldi.

Lebih lanjut dijelaskan, pengembangan kawasan wisata Sungai Pisang meliputi banyak aspek termasuk sarana dan prasarana wisata, sarana mitigasi bencana, kelompok sadar wisata, kuliner dan budaya.

“Dan yang paling utama saat ini adalah pembangunan dermaga. Mengingat akses wisata pulau lebih dekat dari Sungai Pisang, begitu juga ke kawasan Mandeh. Dan hal itu telah masuk dalam perencanaan propinsi Sumatera Barat”, ungkap Mahyeldi.

Ditambahkannya, dengan lancarnya akses jalan darat menuju kawasan Mandeh yang melewati Sungai Pisang harus bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sungai Pisang. Tentunya, Sungai Pisang harus memiliki daya tawar wisata tersendiri yang bisa menarik wisatawan.

“Dari usulan dan dukungan ninik mamak dan masyarakat tadi, banyak hal yang harus kita lakukan. Diantaranya, penambahan wahana permainan, penginapan, pengembangan wisata budaya, kuliner. Dan untuk pembangunan infrastruktur pendukung wisata lainnya, ninik mamak sudah bersedia bersama-sama Pemko Padang mewujudkannya”, tambah Mahyeldi.

Sementara itu, Plt Kadis PU Yenni Yuliza mengatakan, untuk program pembangunan pendukung kawasan wisata Sungai Pisang, tahun ini akan dilakukan pembangunan perbaikan jembatan gantung, pembangunan rumah masyarakat yang tidak layak huni, pengembangan kelompok masyarakat sadar wisata, pembinaan wisata kuliner dan wisata budaya.

Pertemuan dengar pendapat penyusunan master plan pembangunan pengembangan kawasan wisata Sungai Pisang juga diikuti Asisten Ekbang Kesra Harmen Peri, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kalaksa BPBD Edi Hasyimi, Plt Kadis Pariwisata Didi Aryadi, Kepala BPKA Andri Yulika, Plt Kadis PU Yenni Yuliza, Kadis Pehubungan Dian Fakri, KaSatpol PP Al Amin, Kabag Humas Imral Fauzi, Kabag Pemerintahan Arfian Amhar, serta Camat Bungus Teluk Kabung dan Lurah Teluk Kabung Selatan. (red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY