4 cara cerdik mengelola angpao Usai Pesta Perkawinan

817

Metro Padang.com – Sudah menjadi tradisi masyarakat memberikan angpao kepada pasangan pengantin di hari pernikahan. Tidak sedikit pasangan pengantin yang mendapatkan uang angpao puluhan hingga ratusan juta. Namun, sebagian dari mereka menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Misalnya, mereka menggunakan uang angpao untuk modal jalan-jalan ke luar negeri. Atau, mereka gunakan untuk membeli kendaraan dan makan-makan bersama teman-teman.

Agustina Fitria, Financial Planner OneShildt menjelaskan uang angpao sejatinya diberikan kepada pengantin baru untuk dijadikan bekal memulai hidup baru.

Karena, pengantin baru biasanya membutuhkan cukup banyak biaya untuk memulai hidup bersama.

Eko Endarto, Financial Planner mengatakan uang angpao sebaiknya digunakan untuk hal produktif. Sehingga, uang itu tidak sampai habis sia-sia.

1. Anda dapat menggunakan uang angpao pernikahan untuk melunasi utang. Sebaiknya, Anda prioritaskan untuk membayar tagihan pesta pernikahan.

Atau, Anda juga dapat menggunakannya untuk melunasi tagihan kartu kredit. Selain itu, Anda dapat pula menggunakan uang angpao untuk membayar utang lainnya.

“Pasangan yang baru menikah akan lebih nyaman menjalani hidup berkeluarga saat tidak mempunyai utang,” kata Fitri.

2. Bila tidak mempunyai utang, Anda dapat memanfaatkan uang angpao untuk membeli rumah baru. Bila jumlah uang angpao tidak cukup, Anda dapat menggunakannya untuk membayar Down Payment (DP) rumah.

Baca Juga: Keuangan bisa menjadi biang perceraian, pengantin baru bisa mencegah sedari dini

Sehingga, Anda tidak perlu tinggal bersama di rumah orang tua atau mertua.

3. Opsi lainnya, Anda dapat menginvestasikan uang angpao pernikahan. Dengan catatan, Anda tidak memiliki utang dan sudah mempunyai properti.

Sebelum mulai menginvestasikan dana tersebut, Anda sebaiknya membuat tujuan melakukan investasi. Sehingga, Anda tidak salah memilih produk investasi.

Widya mengingatkan Anda harus kritis saat memilih produk investasi. Agar Anda tahu untung dan rugi dari produk investasi itu.

Jangan sampai pilih yang membuat Anda susah di kemudian hari.

4. Terakhir, Anda dapat menggunakan uang angpao tersebut untuk kebutuhan konsumtif. Misalnya, Anda gunakan untuk membeli mobil atau jalan-jalan ke luar negeri.

Dengan catatan, Anda tidak punya utang, sudah memiliki rumah, dan investasi.

Namun, untuk Anda yang ingin pergi bulan madu tapi modal terbatas. Anda dapat menggunakan sedikit uang angpao untuk modal honeymoon.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY